STUDI KOMPARATIFPROMOSI IG DAN TIKTOK DALAM MENARIK MINAT BELI KONSUMEN SKINCARE MS GLOW RANTAUPRAPAT

RENTI LANNA PASARIBU, PRISTIYONO PRISTIYONO, PITRIYANI PITRIYANI

Abstract


ABSTRAK

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Menganalisis Studi Komparatif Promosi Ig Dan Tiktok Dalam Menarik Minat Beli Konsumen  Skincare MS Glow Rantauprapat.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah konsumenSkincare MS Glow Rantauprapatsebanyak tidak diketahui. Sampel penelitian menggunakan teknik sampling insitendal adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data.  Penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling karena populasi tidak diketahui jumlah anggotanya, dan dengan purposive sampling sebagai teknik penentuan sampelnya. Karena populasi anggota tidak diketahui secara pasti jumlahnya, ukuran sampel diperhitungkan dengan rumus Cochrandengan sampel penelitian dengan jumlah sebanyak 96 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, studi dokumentasi dan kuesioner. Metode analisis penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan program SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa Promosi IG berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Minat Beli KonsumenPada Skincare MS Glow Rantauprapat. Tiktok berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli KonsumenPada Skincare MS Glow Rantauprapat. Promosidan Tiktoksecara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli KonsumenPada Skincare MS Glow Rantauprapat. Koefisien determinasi sebesar 0,349 artinya Minat Beli Konsumen mampu dijelaskan oleh variabel Promosi IG (X1)dan Tiktok(X2) sebesar 34,9%, sedangkan sisanya sebesar 65,1% dapat dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Promosi IG, Tiktok,Minat Beli Konsumen.

Full Text:

PDF

References


Abid Muhtarom, Muhamad Imam Syairozi Dan Reva Desy Rismayati, 2022. Analisis Citra Mereki, Hargat, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Minat Beli. Universitas Islam Lamongan. Jurnal Manajemen Vol. 16 No. 1 April 2022.

Aji, Wisnu Nugroho. 2018. Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia, 432- 437.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Gunelius, Susan. 2011. 30-Minute Social Media Marketing. United States: McGraw-Hill Companies

Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Persaingan terhadap Minat Beli. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 4(3), 415–424.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.

Khairuni, N. (2016). Dampak Positif dan Negatif Sosial Media Terhadap Pendidikan Akhlak Anak. Jurnal Edukasi .

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2016. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ke 9. Jakarta: Erlangga.

Mandagi, V. A. L., Kalangi, J. A. F., Mukuan, D. D. S., Studi, P., Bisnis, A., Administrasi, J. I., & Ratulangi, U. S. 2018. Pengaruh Brand Image Terhadap Minat Beli Handphone Samsung Android di Gerai IT Center Manado. Jurnal Administrasi Bisnis.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Indeks.

Zayyan Syafika Mumtaz Dan Saino, 2021. Pengaruh penggunaan aplikasi tik tok sebagai media promosi dan trend glow up terhadap minat beli produk kecantikan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri, Surabaya. Jurnal Manajemen - Vol. 13 (2) 2021, 282-291.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.