PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DAN MODEL CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS VII MTS SWASTA AL- AMIN KAMPUNG PAJAK KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Robi Ardiansyah, Rohana Rohana, Budi Winata Hasibuan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Dan Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar PKn Kelas VII MTs Swasta Al- Amin Kampung Pajak Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dimana desain penelitiannya melibatkan perlakuan yang berbeda antar 2 kelas, sehingga bila ditinjau dari perlakuan maka jenis penelitian ini termasuk jenis quasi eksperimen. Desain penelitian ini melibatkan perlakuan yang berbeda antar 2 kelas, sehingga bila ditinjau dari perlakuan maka jenis penelitian ini termasuk jenis eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Swasta Al- Amin Kampung Pajak Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun Pembelajaran 2016/2017. Terdiri dari 2 Kelas dengan jumlah 80 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara perpusive random sampling. Jumlah kelas yang diambil adalah 2 kelas. 1 kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VII-A



DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v2i1.1081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu

Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia



This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)