ANALISIS PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MATERI KEBERAGAMAN SUKU AGAMA, RAS DAN ANTAR GOLONGAN DALAM BINGKAI BHINEKA TUNGGAL IKA DIKELAS VII SMP NEGERI 3 BILAH HULU KABUPATEN LABUHANBATU

Sri Wahyuni

Abstract


Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran mind mapping terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn Materi Keberagaman Suku Agama, Ras, dan Antar Golongan dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika di SMP Negeri 3 Bilah Hulu, untuk mengetahui dampak positif dan negatif dari penggunaan metode mind mapping di SMP Negeri 3 Bilah Hulu. Adapun sumber data dalam penelitian ini dibagi 2 yaitu data primer yang diperoleh dari hasil peneliti langsung dari sumbernya dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu angket kepada seluruh siswa kelas VII-1 dan VII-2 sedangkan data sekunder data yang tidak berhubungan langsung dengan peneliti tetapi data ini mendukunguntuk memperoleh data yaitu buku paket, dokumen-dokumen, artikel-artikel, dan jurnal yang berhubungan dengan permasalahan dalam penelitian. Instrumen penelitian berupa angket, bahwa penggunaan metode mind mapping sangat berpengaruh dalam meningkatkan minat belajarsiswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil analisis data yang mana siswa memilih option A (sangat setuju) berjumlah 15 orang (28,30%), yang menjawab B (setuju) berjumlah 12 orang (22,30%), yang menjawab C (ragu) berjumlah 3 orang (5,50%) yang menjawab D (Tidak Setuju) berjumlah 12 orang(21,60%), maka dapat dikatakan bahwa siswa kelas VII-1 dan VII-2 lebih banyak memilih option A berjumlah 15 orang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode mind mapping dalam meningkatkan minat belajar siswa sangat baik (28,30%)

 

Kata Kunci : Metode Mind Mapping, Minat Belajar Siswa.


Full Text:

XML

References


DAFTAR PUSTAKA

Djamarah, bahri, syaiful, 2008, psikologi belajar, Jakarta, PT. Rineka Cipta

Hamalik, Oemar, 2010, Proses Belajar Mengajar, Jakarta, Budi Aksara

Purwanto, Ngalim, 2007, Psikologi Pendidikan, Bandung, PTRemaja Rosdakarya Offiset

Slameto, 2010, Belajar & Faktor-faktor yang mempengaruhi, Jakarta, PT. Rineka Cipta

Shoimin, Aris, 2016, 68 Model Pembelajaran, Ygyakarta, AR-RUZZ Media

Sarwono, Sarlito, 2016, Psikologi Remaja, Jakarta, PT. Rajagrafindo Persada

Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D, Bandung, Alfabeta

Hartati, Suci, 1999, Peningkatan Hasil belajar PKn materi pengaruh globalisasi dengan model Mind Mapping pada siswa kelas IV SDN karangmalang 2 ngawi Tahun pelajaran 2014/2015, JIPE Vol II No 1 Edisi Maret 2017.

Mardikayasa, I Made, 2015 penerapan mind mapping dalam pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar PKn dan sikap sosial tema cita-citaku pada siswa kelas IV-A SD Negeri 29 pemecutan, e-jurnal pGSD Volume 3 no:1 tahun 2015




DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v1i1.1680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu

Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia



This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)