PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DI KELAS VII SMP NEGERI 1 AEK NATAS

Rahma Muti'ah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar pada siswa kelas VII SMP. Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati) dan kemampuan untuk membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain. Sedangkan prestasi belajar adalah hasil belajar dari suatu aktivitas belajar yang dilakukan berdasarkan pengukuran dan penilaian terhadap hasil kegiatan belajar dalam bidang akademik yang diwujudkan berupa angka-angka dalam rapor. Bila siswa memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, maka akan meningkatkan prestasi belajar. Hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini adalah ada pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar pada siswa kelas VII SMP dan Hipotesis nihil (Ho) adalah tidak ada Pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar pada siswa kelas VII SMP. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional sedangkan Hasil belajar sebagai variable terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Aek Natas yang seluruhnya berjumlah 249 orang. Sampel penelitian adalah 71 siswa, menggunakan metode teknik random sampling. Dalam pengumpulan data digunalan metode skala untuk kecerdasan emosional berdasarkan teori Daniel Goleman yang terdiri dari mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati) dan membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain; dan untuk mengukur hasil belajar siswa digunakan Pretest dan Postest. Nilai korelasi yang diperoleh pada analisis validitas instrumen dengan rumus korelasi Product Moment dari Pearson berkisar antara 0,74 - 0,85. Berdasarkan pada taraf signifikan 0,05 diperoleh 20 item valid dan 5 item gugur dari 25 item yang ada pada skala kecerdasan emosional. Nilai koefisien reliabilitas yang diperoleh 0,818 dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai uji t sebesar 7,33 dengan ttabel 0,203 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada Pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar Matematika Siswa Menggunakan Metode Diskusi di Kelas VII SMP NEGERI 1 Aek Natas di Desa Perkebunan Aek Pamingke Kec. Aek Natas Kab. Labuhanbatu Utara Tahun Pelajaran 2015/2016.



DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v4i2.929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Rahma Muti'ah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)