PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMP N 1 SILANGKITANG

Risma Delima Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan penerapan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP N 1 Silangkitang. Penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas. Subjek yang digunakan berjumlah 30 orang siswa SMP N 1 Silangkitang. Temuan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP N 1 Silangkitang, terlihat pada pelaksanaan siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 61,50, dan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat sebesar 79.83. Model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP N 1 Silangkitang dan dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar di sekolah.



DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v5i2.938

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Risma Delima Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)