Perancangan Aplikasi Game Dalam Pengenalan Pancasila Menggunakan Adobe Flash CS6

Susilo Tiadi Cahya, Syaiful Zuhri Harahap, Marnis Nasution, Muhammad Halmi Dar, Masrizal Masrizal

Abstract


In this millennial era Citizenship Education is needed in order to guide children in the formation of good character, and foster the spirit of nationalism, mutual respect, tolerance, and also work together with each other, and the author made a Game application in the introduction of pancasila aims to increase the means, as well as the attention of children in knowing the basis of the Indonesian state, and increase knowledge.This Game application is designed using Adobe Flash CS6 software.


Full Text:

PDF

References


A. Muhibbin and B. Sumardjoko, “Model pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan berbasis isu-isu kontroversial di media massa untuk meningkatkan sikap demokrasi mahasiswa dan implikasinya bagi masyarakat madani,†J. Pendidik. Ilmu Sos., vol. 26, no. 1, pp. 1–10, 2016.

U. S. Ratulangi, “Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Hafalan Doa Agama Islam,†J. Tek. Inform. Univ. Sam Ratulangi, vol. 12, no. 1, 2017, doi: 10.35793/jti.12.1.2017.17791.

S. E. Hardayani and H. Herlawati, “Animasi Interaktif Pengenalan Hewan Khas Pulau Indonesia Berbasis Android Pada Tk Kupu-Kupu Mungil Bekasi,†J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. 2, no. 1, pp. 9–21, 2016.

U. Aiman, “Peningkatan Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila dan Prestasi Belajar PKn dengan Metode Pembelajaran Cooperative Learning Model Picture and Picture di MIN 2 Sleman,†Pendidik. Madrasah, vol. 3, pp. 159–168, 2018.

F. Arriani, “ORANG TUA SEBAGAI PENANAM NILAI PANCASILA UNTUK ANAK USIA DINI DI ERA DIGITAL,†vol. 1, no. 2, pp. 60–68, 2019.

M. T. Ade Bayu Septian, Naila Iffah Purwita, Tawarina Aprella Br Barus, Hetti Hidayati, S.Kom., M.T., Indra Azimi, S.T., “GARUDAKU : Aplikasi Pengenalan Pancasila untuk Anak Sekolah Dasar dengan Berbasis Multimedia GARUDAKU : Promoting Pancasila Application for Elementary School Students Based on Multimedia,†vol. 4, no. 2, pp. 639–648, 2018.

J. Andi, “Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System ( A-GPS ) Dengan Platform Android,†J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2015.

A. F. Sallaby, F. H. Utami, and Y. Arliando, “Aplikasi Widget Berbasis Java,†J. Media Infotama, vol. 11, no. 2, p. 172, 2015.

K. T. Martono, “Pengembangan Game Dengan Menggunakan Game Engine Game Maker,†J. Sist. Komput., vol. 5, no. 1, pp. 23–30, 2015.

S. Ariyati and T. Misriati, “Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Asmaul Husna,†J. Tek. Komput. Amik Bsi, vol. II, no. 1, pp. 116–121, 2016.

Asnawati, V. N. Sari, and C. Natalia, “Quis Interaktif Matematika Untuk Anak Sekolah Dasar,†Media Infotama, vol. 12, no. 2, pp. 158–166, 2016.

Suparni, “Metode Pembelajaran Membaca Doa Berbasis Multimedia Untuk Anak Usia Dini,†IJSE – Indones. J. Softw. Eng., vol. 2, no. 1, pp. 57–63, 2016.

Y. A. Prihantari, “Media Pembelajaran Adobe Photoshop CS3 pada Sekolah Menengah Atas Kanisius Bharata Karanganyar,†Semin. Ris. Unggulan Nas. Inform. dan Komput., vol. 2, no. 1, pp. 49–54, 2013, doi: 10.1016/j.tra.2006.02.001.

M. M. Steffi Adam, S.Kom., “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam,†CBIS J., vol. 3 No 2, no. ISSN 2337-8794, pp. 78–90, 2015.

Sri Rezeki, “Pemanfaatan Adobe Flash CS6 Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers,†J. Pendidik. Tambusai, vol. 2, no. 4, pp. 856–864, 2018.

Sujalwo and Sukirman, “Pengembangan Game Berbasis Komputer sebagai Media Pembelajaran IPA Terpadu Kelas VIII SMP,†Manaj. Pendidik., vol. 12, no. No. 2, pp. 239–247, 2017.

W. Steven, P. Metode, S. Waterfall, and D. Sistem, “PENERAPAN METODE SDLC WATERFALL DALAM SISTEM INFORMASI,†no. June 2018, 2020, doi: 10.32767/jusim.v3i1.246.

Yunahar Herianto, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI RENTAL MOBIL BERBASIS WEB PADA PT.APM RENT CAR,†Intra-Tech, vol. 2, pp. 64–77, 2018, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Y. Heriyanto, “Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT.APM Rent Car,†J. Intra-Tech, vol. 2, no. 2, pp. 64–77, 2018.

Suendri, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan),†J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, no. 1, pp. 1–9, 2018.

D. Wira, T. Putra, and R. Andriani, “Unified Modelling Language ( UML ) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD,†vol. 7, no. 1, 2019.

M. Ali Akbar Ritonga, Ibnu Rasyid Munthe, “Impelementation Of The Unfield Modeling Langguage Model In The Criminality Data Processing Information System,†J. Mantik, vol. 4, no. 1, pp. 92–96, 2019.

Ansori, “Pengertian Component Diagram : Fungsi, Simbol, dan Contohnya,†www.ansoriweb.com. [Online]. Available: https://www.ansoriweb.com/2020/04/pengertian-component-diagram.html.

Zakky, “Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli, KBBI dan Secara Umum,†www.ZonaReferensi.com, 2018. [Online]. Available: https://www.zonareferensi.com/pengertian-implementasi/. [Accessed: 19-Jul-2020].

R. Novita and S. Z. Harahap, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER DI SMK,†JURNAL INFORMATIKA, vol. 8, no. 1, pp. 36–44, Jan. 2020.

A. Nastuti and S. Z. Harahap, “TEKNIK DATA MINING UNTUK PENENTUAN PAKET HEMAT SEMBAKO DAN KEBUTUHAN HARIAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH (STUDI KASUS DI ULFAMART LUBUK ALUNG),†JURNAL INFORMATIKA, vol. 7, no. 3, pp. 111–119, Sep. 2019.

Samsir and S. Z. Harahap, “APPLICATION DESIGN RESUME MEDICAL BY USING MICROSOFT VISUAL BASIC. NET 2010 AT THE HEALTH CENTER APPOINTMENTS,†International Journal Of Science, Technology & Management, vol. 1, no. 1, pp. 14–20, Jun. 2020.

S. Z. Harahap and Samsir, “APPLICATION DESIGN THE DATA COLLECTION FEATURES OF THE HOTEL SHADES OF RANTAUPRAPAT USING VBNET,†International Journal Of Science, Technology & Management, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, Jun. 2020.

M. Nasution, S. Pohan, and S. Z. Harahap, “Implementasi Obrim (Option-Based Risk Management) Sebagai Framework Investasi Teknologi Informasi Perguruan Tinggi (Studi Kasus: Amik Labuhan Batu),†JURNAL INFORMATIKA, vol. 8, no. 1, pp. 26–35, Jan. 2020.

S. Z. Harahap and M. H. Dar, “APLIKASI DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN PADA UPI CONVENTION CENTER DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN PHP DAN MYSQL,†JURNAL INFORMATIKA, vol. 6, no. 3, pp. 24–27, Sep. 2019.

M. H. Dar and S. Z. Harahap, “IMPLEMENTASI SNORT INTRUSION DETECTION SYSTEM (IDS) PADA SISTEM JARINGAN KOMPUTER,†JURNAL INFORMATIKA, vol. 6, no. 3, pp. 14–23, Sep. 2017.

S. Samsir, D. Indra, G. Hts, and S. Z. Harahap, “SPK Untuk Pemilihan Kepala Sekolah Menggunakan Metode Saw dan Profile Matching,†U-NET J. Tek. Inform., vol. 4, no. 1, pp. 7–12, 2020.

P. Iwan, S. Z. Harahap, and A. A. Ritonga, “RANCANG BANGUN TEMPAT SAMPAH OTOMATIS PADA UNIVERSITAS LABUHANBATU,†INFORMATIKA, vol. 8, no. 2, pp. 1–5, 2020.

M. Siddik and S. Z. Harahap, “U-NET?: Jurnal Teknik Informatika LPPM – Universitas Al Washliyah Labuhanbatu 12 | P a g e U-NET?: Jurnal Teknik Informatika LPPM – Universitas Al Washliyah Labuhanbatu 13 | P a g e,†U-NET J. Tek. Inform., vol. 3, no. 3, pp. 12–17, 2019.




DOI: https://doi.org/10.36987/jcoins.v1i1.1841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Journal of Computer Science and Information System(JCoInS) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Journal of Computer Science and Information System(JCoInS)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JCoInS/index
Journal DOI: 10.36987/jcoins
E-ISSN: 2747-2221

Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418