Hubungan Kemampuan Literasi Digital Dengan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Painan
Abstract
The rapid development of digital technology encourages the importance of developing digital literacy in students. This study aims to reveal the relationship between digital literacy and student learning outcomes at SMK Negeri 1 Painan. Quantitative research methods with simple random sampling techniques were used in this study. Data analysis was carried out using normality, homogeneity, linearity, and Pearson correlation tests. The results of the study showed a positive relationship between digital literacy and student learning outcomes, although the correlation found was relatively weak (r = 0.372, p < 0.05). This finding indicates that increasing digital literacy can contribute to improving student learning outcomes. However, further research is needed with more specific variables to reveal the influence of digital literacy in more depth. The results of this study provide important implications for the development of curriculum and learning that integrates digital literacy to improve the quality of education.
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, S. A. S., Saputra, A. M. A., Farman, I., & others. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Digital Siswa Dalam Pembelajaran Hybrid di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pekommas, 8(2), 181–190.
Alfiriani, A. (2017). Efektivitas Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Student Centered Learning (SCL) Melalui Discovery Pada Mata Pelajaran Tik Di Smp Laboratorium UNP. Jurnal Edik Informatika, 1(2), 7–17.
Arizal, O., 1, B., Rahmat, H. K., Said, A., Basri, H., Dadang, D., Rajab, A., & Nurjannah, N. (2021). Urgensi Literasi Digital dalam Menangkal Radikalisme pada Generasi Millenial di Era Revolusi Industri 4.0. Dinamika Sosial Budaya, 23(1), 126–133.
Dakun. (2022). Pengaruh Kemampuan Literasi Digital Dan Tingkat Religiusitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Di Smk Bintang Nusantara …. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan, 3, 214–223.
David, K., Edriati, S., & Irsyadunas. (2022). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan. Jurnal Pustaka Data, 2(2), 58–62.
Faldo, E., Alfiriani, A., & irsyadunas. (2023). Hubungan Persepsi Siswa Tentang Lingkungan Belajar Berbasis Teknologi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X Bidang Teknologi di SMK N 1 Sijunjung. JIK, 7(2).
Fauzi, M. (2021). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Pencegahan Informasi Hoaks pada Remaja di SMANegeri 7 Kota Lhokseumawe The Effect of Digital Literacy on the Prevention of Hoax Information on Adolescents in SMANegeri 7 of Lhokseumawe City. Jurnal_Pekommas_Vol._6_No, 2(2010), 77–84. https://doi.org/10.30818/jpkm.2021.2060210.
Jusmawati, Satriawati, & Sabilah, B. M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Daring terhadap Minat Belajar Mahasiswa PGSD Unimerz pada Mata Kuliah Pendidikan Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5(2), 106–111.
Mabubah, N. N., Wigati, I., Astuti, R. T., Islam, U., Raden, N., & Palembang, F. (2022). Hubungan Literasi Digital Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koloid. Jurnal Al’ilmi, 11(2), 2022.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.
Safitri, I., Marsidin, S., & Subandi, A. (2020). Analisis Kebijakan terkait Kebijakan Literasi Digital di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 176–180. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.123.
Silalahi, et al. (2022). Literasi Digital Dalam Lingkugan Sekolah (Teori, Praktek, dan Penerapannya). In Padang.
sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.).
Vania Anarizka. (2023). Kemampuan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa SMA. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(04), 464–468. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.632.
Widhiarso, W. (2020). Catatan Pada Uji Linieritas Hubungan. January 2010. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.16194.32965.
Yuliana, E., Nirmala, S. D., & Ardiasih, L. S. (2023). Pengaruh Literasi Digital Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 28–37. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4196.
DOI: https://doi.org/10.36987/jcoins.v6i1.6870
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Journal of Computer Science and Information System(JCoInS) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JCoInS/index
Journal DOI: 10.36987/jcoins
E-ISSN: 2747-2221
Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418