Analisis Sistem Antrian Pada Brilink Elvi Juliani di Jalan Sirandorung Rantauprapat Dengan Model Antrian Single Chanel-Single Phase Pola M/M/1

Mutiara Choirunnisa, Rizky Pratama Harahap, Riezka Amalia Pulungan, Irmayanti Ritonga

Abstract


The queuing system at BRILink Elvi Juliani on Jalan Sirandorung, Rantauprapat, uses the M/M/1 queuing model to optimize banking services. Data were obtained from observations during one operational day, involving analysis of customer arrivals and service times. The results showed that the average number of customers in the system (LS) was 0.065 customers, while the average number of customers in the queue (Lq) was 0.0004 customers, indicating a very minimal queue. The average customer waiting time in the system (Ws) was recorded at 3 minutes, with an average waiting time in the queue (Wq) of 1.8 minutes. The service busyness level (ρ) was 6.13%, indicating that the service capacity was still sufficient. With high service efficiency, this study provides insight into improving the quality of BRILink services, especially in handling higher customer volumes in the future.


Full Text:

PDF

References


Ardiansyah Juliant, R., & Sutanto, A. (2022). ANALISIS SISTEM ANTRIAN MODEL MM1 UNTUK MENGOPTIMALKAN PELAYANAN PADA PT KAI LOGISTIK SURABAYA. In Rizky Ardiansyah Juliant, SNTEM (Vol. 2).

Aulele, S. N. (2014). ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA BANK MANDIRI CABANG AMBON Analysis of Queue System on the Bank Mandiri Branch Ambon (Vol. 8, Issue 1).

Damayanti, D., Purnomo Putro, N., Riauwanto, S., Tinggi, S., Widya, I. E., & Yogyakarta, W. (2022). Dila Damayanti Nurseto Purnomo Putro Selamat Riauwanto PENGARUH KUALITAS LAYANAN LAKU PANDAI (BRILINK) TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM BERTRANSAKSI KEUANGAN. In Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia STIE Wiya Wiwaha (Vol. 2, Issue 2).

Hatuluayo -Universitas Pattimura, N., & Sistem Transaksi Keuangan Brilink Terhadap Kepuasan Pelanggan Novita Hatuluayo, P. (2023). MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production E.

Pondaag, J. J., & Tumewu, F. (2017). ANALYSIS OF QUEUE SYSTEM AND OPTIMIZATION Of TELLER SERVICE AT PT. BANK SULUTGO. Analisis Sistem Antrian……. 928 Jurnal EMBA, 5(2), 928–934.

Tinggi, S., Ekonomi, I., & Manggala, W. (2013). Analisis Model Sistem Antrian pada BRI cabang STIKES Karya Husada Semarang DWI RAHMAWATI TRI BODROASTUTI Diterima 20 Juni 2013; disetujui 2 Agustus 2013 (Vol. 15, Issue 2).

SULMIATI, S. (2022). PENGARUH FASILITAS DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DIMASA PANDEMI COVID-19 (STUDI BSI KCP MASAMBA) (Doctoral dissertation, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo)).

Sunarya, R., Aritonang, M., & Intisari, H. (2015). ANALISIS PENERAPAN SISTEM ANTRIAN MODEL M/M/S PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) Tbk. KANTOR CABANG PONTIANAK (Studi kasus pada BNI Sultan Abdurrahman). In Buletin Ilmiah Mat. Stat. dan Terapannya (Bimaster) (Vol. 04, Issue 2).

Ardiansyah Juliant, R., & Sutanto, A. (2022). ANALISIS SISTEM ANTRIAN MODEL MM1 UNTUK MENGOPTIMALKAN PELAYANAN PADA PT KAI LOGISTIK SURABAYA. In Rizky Ardiansyah Juliant, SNTEM (Vol. 2).

Damayanti, D., Purnomo Putro, N., Riauwanto, S., Tinggi, S., Widya, I. E., & Yogyakarta, W. (2022). Dila Damayanti Nurseto Purnomo Putro Selamat Riauwanto PENGARUH KUALITAS LAYANAN LAKU PANDAI (BRILINK) TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM BERTRANSAKSI KEUANGAN. In Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia STIE Wiya Wiwaha (Vol. 2, Issue 2).

Junaid, M. R., Cahyaprandy, A., Manajemen, S., & Makassar, S. (n.d.). ANALISIS SISTEM ANTRIAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT.BANK CENTRAL ASIA TBK KANTOR CABANG AHMAD YANI MAKASSAR ANALYSIS OF QUEUE SYSTEMS OF CUSTOMER SATISFACTION AT PT. BANK CENTRAL ASIA TBK AHMAD YANI BRANCH OFFICE MAKASSAR. In Bongaya Journal of Research in Management (Vol. 3, Issue 1).

Sunarya, R., Aritonang, M., & Intisari, H. (2015). ANALISIS PENERAPAN SISTEM ANTRIAN MODEL M/M/S PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) Tbk. KANTOR CABANG PONTIANAK (Studi kasus pada BNI Sultan Abdurrahman). In Buletin Ilmiah Mat. Stat. dan Terapannya (Bimaster) (Vol. 04, Issue 2).




DOI: https://doi.org/10.36987/jcoins.v6i1.6980

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Journal of Computer Science and Information System(JCoInS) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.


Journal of Computer Science and Information System(JCoInS)

Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JCoInS/index
Journal DOI: 10.36987/jcoins
E-ISSN: 2747-2221

Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418