SISTEM PAKAR PSIKOLOGIS SISWA TERHADAP DAMPAK COVID 19 DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA DEMPSTER SHAFER

Ramadani Ramadani, Rahmadani Pane, M Sayid Amir, Zakarias Situmorang

Abstract


Penyebaran COVID-19 secara meluas mengakibat perubahan pada segala aspek kehidupan masyarakat termasuk pada siswa SMK Swasta Siti Banun terutama berdampak pada psikologis nya. Dengan adanya pandemi ini mengakibatkan dampak psikologi siswa seperti prilaku yang berlebihan, ketakutan, kecemasan dan kepanikan. Terdapat beberapa lapisan psikologi pandemik COVID-19 yang sangat menjadi perhatian dalam perspektif psikologi sosial, yaitu pengolahan informasi dan bias kognisi, perubahan emosi dan perilaku, serta pengaruh sosial dan konformitas. Dampak psikologi ini terjadi di sebabkan oleh hubungan antara karakteristik personal/organisasi melipuati kepribadian, nilai, pengatahuan, situasi mencakup budaya, norma, agama, dan kebijakan serta aturan pemerintah dalam menangani pandemi COVID-19. Penelitian ini dilakukan untuk memahami dampak sosial psikologis pandemi COVID-19 terhadap siswa SMK Swasta Siti Banun dalam berpikir, bersikap dan berperilaku, serta memberikan masukan bagi siswa yang terkena dampak dari pandemi COVID 19 serta masukan bagi pihak sekolah dalam membuat kebijakan terhadap proses kegiatan belajar dan mengajar selama masa pandemi COVID-19 secara akurat, efektif dan komprehensif

Full Text:

PDF

References


Kirman, K., Saputra, A., & Sukmana, J. (2019). Sistem Pakar Untuk Mendiagnosis Penyakit Lambung Dan Penanganannya Menggunakan Metode Dempster Shafer. Pseudocode, 6(1), 58-66.

Lestari, E., & Artha, E. U. (2017). Sistem Pakar dengan Metode Dempster Shafer untuk Diagnosis Gangguan Layanan INDIHOME di PT TELKOM Magelang. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 3(1), 16-24.

MZ, A. R., Wijaya, I. G. P. S., & Bimantoro, F. (2020). Sistem pakar diagnose penyakit kulit pada manusia dengan metode dempster shafer. Journal of Computer Science and Informatics Engineering (J-Cosine), 4(2), 129-138.

Puspitasari, T., Susilo, B., & Coastera, F. F. (2016). Implementasi Metode Dempster-Shafer Dalam Sistem Pakar Diagnosa Anak Tunagrahita Berbasis Web. Rekursif: Jurnal Informatika, 4(1).

Rikhiana, E. D., & Fadlil, A. (2013). Implementasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Dalam Pada Manusia Menggunakan Metode Dempster Shafer (Doctoral dissertation, Universitas Ahmad Dahlan).

Ritonga, E. R., & Irawan, M. D. (2017). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Paru-Paru Pada Anak Dengan Metode Dempster-Shafer. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 2(1), 39-47.

Sihotang, H. T. (2018). Sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit pada tanaman jagung dengan metode bayes. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 3(1).

Zalukhu, J. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Psikologis Masyarakat.

Fadillah Ulva (2021)Dampak Psikologis Pandemi COVID-19 Bagi Masyarakat Kota Padang, JIK (Jurnal Ilmu Kesehatan), Online ISSN: 2597-8594, Print ISSN: 2580-930X

Farida Hanum. Dampak Covid 19 Terhadap Psikologis Masyarakat Modern, Prosiding Seminar Nasional Webinar Nasional Universitas Mahasaraswati Denpasar. “Percepatan Penanganan COVID-19 Berbasis Adat di Indonesiaâ€.

Eli Rosmita Ritonga (2017). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Paru-Paru Pada Anak Dengan Metode Dempster-Shafer. Cess (Journal Of Computer Engineering, System And Science)Vol 2, No 1, Januari 2017. p-ISSN :2502-7131. e-ISSN :2502-714x

Dewi Ayu Nur Wulandari, 2015, Metode Dempster Shafer Pada Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Perut. VOL. I NO. 2 AGUSTUS 2015 ISSN. 2442-2436.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.