Implementasi Algoritma Levenshtein Distance Dalam Mendeteksi Plagiarisme

Robiatul Adawiyah, Nidia Enjelita Saragih

Abstract


Perkembangan teknologi membuat kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Namun, perkembangan teknologi di hampir semua bidang kehidupan manusia, membawa dampak negatif. Salah satu dampak negatifnya adalah plagiarisme. Banyak sekali kasus plagiarisme yang dilakukan oleh kaum intelektual. Sehingga menjadi tragedi dalam lingkungan pendidikan Indonesia.Salah satu kegiatan plagiarisme yang sering terjadi di perguruan tinggi adalah makalah mahasiswa. Ini akan menjadi kebiasaan jika dibiarkan begitu saja, dan terus berlanjut dan pada gilirannya akan merusak dan mencoreng lingkungan akademik. Oleh karena itu, masalah ini harus mendapat penanganan serius dalam mencegah plagiarisme menjadi kebiasaan umum.Algoritma Levenshtein distance merupakan algoritma yang cocok untuk diterapkan dalam mendeteksi plagiarisme karena memberikan nilai kemiripan dari dua string yang sejenis. Penerapan algoritma ini pada suatu sistem, dapat membantu dosen untuk menentukan aktivitas plagiarisme pada makalah mahasiswa. Sistem yang dikembangkan menggunakan Visual Basic .Net.

Full Text:

PDF

References


Ni Made Muni Adriyani et all(2012).Implementasi Algoritma Levenshtein Distance dan Metode EmpirisUntuk Menampilkan Saran Perbaikan Kesalahan Pengetikan Dokumen Berbahasa Indonesia.Universitas Udayana

Uli Fitrianti, Mutammimul Ula (2017).â€Jurnal Sistem Informasi ISSN : 2598- 599Xâ€.Implementasi Algoritma Levenhstein Distance Dan Algoritma Knuth Morris Pratt pada Aplikasi Asmaul Husna Berbasis Android.

Ida Bagus Ketut Surya Arnawa( 2017).â€jurnal Sistem dan Informatikaâ€.Implementasi Algoritma Levenshtein Pada Sistem Pencarian Judul Skripsi/Tugas Akhir.Bali

Pandawa, J.P. 2015. Perancangan Sistem Deteksi Kemiripan Dokumen Menggunakan Algoritma Winnowing. Skripsi Program Studi Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Nafik, M.Z., Indriati dan A. Ridok. (2014). Sistem Penilaian Otomatis Jawaban Esai Menggunakan Algoritma Levenshtein Distance. Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB Vol 3 No. 4. Universitas Brawijaya, Malang. 63 | P a g e I S S N : 2774-7751

Junedy, Richard. 2014. Perancangan Aplikasi Deteksi Kemiripan Isi Dokumen Teks dengan Menggunakan Metode Leveshtein Distance. Jurnal Pelita Informatika Budi Darma Vol. VII No.2, Jurusan Teknik Informatika, STMIK Budi Darma, Medan.

Ariyani,N.H., Sutardi, and Ramadhan,R., 2016, Aplikasi Pendeteksi Kemiripan Isi Teks Dokumen Menggunakan Metode Levenshtein Distance, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Halu Oleo, Kendari, Vol.2, No.1, pp. 279-286, ISSN : 2502-8928.

Firdaus,A., Ernawati dan Vatresia,A., 2014, Aplikasi Pendeteksi Kemiripan Pada Dokumen Teks Menggunakan Algoritma Nazief & Adriani Dan Metode Cosine Similarity. Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu, Bengkulu, Vol.10, No.1, pp. 97-110.

Pratama,B.P., Pamungkas,S.A., 2016, Analisis Kinerja Algoritma Levenshtein Distance Dalam Mendeteksi Kemiripan Dokumen Teks. Program Studi Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, Jilid 6, No.2, hal. 131-143.

Putra,D.A., Sijaini,H., dan Pratiwi,H.S., 2015, Implementasi lgoritma RabinKarp untuk Membantu Pendeteksian Plagiat pada Karya Ilmiah,

program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura, Vol.1, No.1.

A. Munif, R. J. Akbar, R. I. Tantra, dan R. Ilavi. “Rancang Bangun Sistem ELearning Pemrograman pada Modul Deteksi Plagiarisme Kode Program dan Student Feedback System†Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, Vol. 15, No. 1, January, 2017.

Setiadi, I., 2013. Damerau-Levenshtein Algorithm and Bayes Theorem for Spell Checker Optimization Damerau-Levenshtein Algorithm and Bayes Theorem for Spell Checker Optimization. , (November).

Rachmatul Candra Ariani, 2013, Opini Mahasiswa Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Terhadap Plagiarisme. Media Komunitas. Vol 2 No.1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.