Penggunaan Statistik Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar

Wahyu Ardiansyah Munthe, Oktari Tarigan, Rizky Pratama Ramadani, Marchelius Mulawarma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan statistik sebagai pendekatan pembelajaran matematika di Sekolah Dasar Negeri Pulo Jantan, Kabupaten Labuhanbatu Utara. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi statistik dasar seperti membaca data, menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram, serta menganalisis data sederhana. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V, dan sampel ditentukan secara purposive. Hasil menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran statistik melalui pendekatan kontekstual mampu meningkatkan pemahaman siswa secara signifikan. Mayoritas siswa dapat memahami cara menyusun data, membuat diagram batang, dan menarik kesimpulan dari data yang diberikan. Temuan ini memberikan implikasi positif terhadap pengembangan kurikulum matematika di tingkat sekolah dasar.

Full Text:

PDF

References


S. Anwar, Statistik Pendidikan. Rajawali Pers, 2020.

K. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, “Modul Ajar Matematika Kelas V SD,” Jakarta, 2021.

N. Fatmawati, Statistika Dasar untuk Guru Sekolah Dasar. UMM Press, 2019.

D. Yuliana, “Penerapan Statistik Dalam Pembelajaran Matematika SD,” J. Pendidik. Mat., vol. Vol. 5, No, 2021.

E. Mulyasa, Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya, 2018.

A. Ramadhani, “Implementasi Pembelajaran Statistik Kontekstual di Sekolah Dasar,” J. Ilm. Pendidik., vol. Vol. 10, N, 2022.

T. Kurniawan, “Penggunaan Diagram Batang dalam Meningkatkan Literasi Data Siswa SD,” J. Mat. Dasar, vol. Vol. 6, No, 2023.

D. P. S. Utara., “Panduan Pembelajaran Kurikulum 2013 untuk SD,” Medan, 2020.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, 2016.

N. Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.