Studi Statistik Penggunaan Internet oleh Siswa SMK Siti Banun untuk Keperluan Akademik dan Non-Akademik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pola penggunaan internet oleh siswa SMK Siti Banun dengan fokus pada pemanfaatannya dalam keperluan akademik dan non-akademik. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh fenomena masifnya penggunaan internet oleh pelajar yang tidak selalu diarahkan untuk mendukung proses belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan populasi sebanyak 480 siswa dan sampel sebanyak 120 siswa yang dipilih secara stratified random sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket tertutup dan dianalisis dengan statistik deskriptif berbantuan perangkat lunak SPSS dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 74% siswa menggunakan internet secara rutin untuk aktivitas akademik seperti mencari materi pelajaran dan mengerjakan tugas sekolah, dengan durasi rata-rata 1–2 jam per hari. Namun demikian, penggunaan internet untuk keperluan non-akademik seperti bermain gim, mengakses media sosial, dan menonton konten hiburan mencapai 86%, dengan durasi lebih dari 2 jam per hari. Temuan ini mengindikasikan adanya ketidakseimbangan dalam pemanfaatan internet di kalangan siswa. Meskipun terdapat kesadaran digital pada sebagian siswa yang mampu membatasi penggunaan non-akademik, dominasi aktivitas hiburan menunjukkan perlunya intervensi literasi digital dari pihak sekolah.Penelitian ini menyimpulkan bahwa siswa berada dalam posisi krusial dalam hal pemanfaatan internet; mereka mampu menggunakan teknologi untuk pembelajaran, namun masih menghadapi tantangan dalam hal kontrol diri dan manajemen waktu. Diperlukan penelitian lanjutan yang lebih mendalam terhadap faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi perilaku digital siswa, serta penguatan kebijakan pendidikan yang menyeimbangkan akses teknologi dengan pembinaan etika penggunaannya.
Full Text:
PDFReferences
APJII. (2023). Laporan Survei Internet Indonesia Tahun 2023. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia
Katz, E., Blumler, J. G., & Gurevitch, M. (1974). Utilization of mass communication by the individual. In J.G. Blumler & E. Katz (Eds.), The uses of mass communications: Current perspectives on gratifications research (pp. 19- 32). Sage.
Valkenburg, P. M., & Peter, J. (2020). Online communication among adolescents: An integrated model of its attraction, opportunities, and risks. Journal of Adolescent Health, 48(2), 121–127.
Prasetyo, H., & Wulandari, F. (2021). Penggunaan Internet oleh Remaja: Studi Kasus Siswa Sekolah Menengah di Indonesia. Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 9(2), 44–52. https://doi.org/10.24843/JUKTI.2021.v9.i2.p5
Valkenburg, P. M., & Peter, J. (2020). Online communication among adolescents: An integrated model of its attraction, opportunities, and risks. Journal of Adolescent Health, 48(2), 121–127.
Chang, C. T., Tu, C. S., & Hajiyev, J. (2020). Integrating academic type of social media activity with perceived academic performance: A role of task-related and non-task-related compulsive Internet use. Computers & Education.
Rahman, M. H. (2020). Exploring the students' attitudes toward Internet usage for academic excellence. Springer.
Ravizza, S. M., Hambrick, D. Z., & Fenn, K. M. (2020). Non-academic internet use in the classroom is negatively related to classroom learning regardless of intellectual ability. Computers & Education.
Swanson, J. A., & Walker, E. (2020). Academic versus non-academic technology use. Technology, Knowledge and Learning
Salomon, A., & Kolikant, Y. B. D. (2020). High-school students’ perceptions of the effects of non-academic usage of ICT on their academic achievements. Computers in Human Behavior.
Abdurahman, A. Z. A., Hassan, R. A., & Sayuti, N. M. (2020). Social network and students: The correlation between usage on academic performance and non-academic engagement. Springer.
Anthonysamy, L., Koo, A. C., & Hew, S. H. (2020). Self-regulated learning strategies and non-academic outcomes in higher education blended learning environments: A one decade review. Education and Information Technologies. https://doi.org/10.1007/s10639-020-10134-2
Kircaburun, K., Harris, A., & Calado, F. (2021). The psychology of mukbang watching: A scoping review of the academic and non-academic literature. International Journal of Mental Health and Addiction. https://doi.org/10.1007/s11469-019-00211-0
Ladrón de Guevara Rodríguez, M., et al. (2022). Internet use and academic performance: An interval approach. Springer. https://doi.org/10.1007/s10639- 022-11095-4
Hemal, S. H., Khan, M. A. R., Ahammad, I., & Rahman, M. (2024). Predicting the impact of internet usage on students' academic performance using machine learning techniques in Bangladesh perspective. Springer. https://doi.org/10.1007/s13278-024-01234-9
Ogunbodede, K., & Ambrose, S. E. (2020). Information Needs and Use of Non- Academic Staff. ResearchGate. https://www.researchgate.net/publication/348945916
El-Berry, D. K. (2020). Awareness and Use of Academic Social Networking Sites. ResearchGate.
Al-Zubayer, A., & Obaidullah, M. (2020). Non-academic online activities among Bangladeshi university students. ResearchGate. https://www.researchgate.net/publication/344450374
Ayoko, V. O., Ogunode, N. J., & Salman, A. A. (2023). Motivation, Non- Academic Staff Job Performance and Education. ResearchGate. https://www.researchgate.net/publication/372534188
Gruzd, A. (2020). Non-academic and academic social networking sites for scholarly communities. Elsevier.
Refbacks
- There are currently no refbacks.