Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Grab Di Kota Rantauprapat

Abdul Aziz, Haykal Tito Setiawan, Modena Melany

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pelanggan terhadap layanan transportasi online Grab di Kota Rantauprapat. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik accidental sampling terhadap 100 responden. Variabel yang diteliti meliputi harga, kualitas layanan, keamanan, dan kemudahan akses aplikasi. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa keempat variabel tersebut berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepuasan pelanggan, dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,645. Kualitas layanan merupakan faktor paling dominan dalam memengaruhi kepuasan pelanggan, diikuti oleh harga, kemudahan akses aplikasi, dan keamanan. Temuan ini mengindikasikan pentingnya peningkatan kualitas pelayanan, penetapan harga yang kompetitif, keamanan sistem, serta penyempurnaan antarmuka aplikasi guna meningkatkan kepuasan pengguna layanan Grab

Full Text:

PDF

References


Apriliani, A., Budhiluhoer, M., Jamaludin, A., & Prihandani, K. Systematic literature review kepuasan pelanggan terhadap jasa transportasi online. Systematics, 2(1), 12-20,2020.

Boimau, H., & Bessie, J. L. Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online Grabbike. Journal of Management: Small and Medium Enterprises (SMEs), 14(2), 169-187,2021.

Brilian, S. C., & Haris, M. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan. Solusi, 21(3), 300-309,2023.

Komala, R., & Selvi, E. Pengaruh kualitas layanan dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi online. Jurnal Manajemen, 13(3), 483-491,2021.

Marati, N. C. Pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi ojek online (Studi pada konsumen gojek di Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 4(3),2016.

Nugroho, W. P., Wulansari, S., Inayah, C., & Dewi, V. S. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Gojek di Magelang. Jurnal Analisis Bisnis onomi, 17(2), 132-142,2019.

Rezki, M., Sukmawati, L., Elbiansyah, E., & Riyana, D. Pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi ojek. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 4(3), 50-57,2019.

Sianipar, G. J. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Ojek Online (Studi pada Pelanggan Grabbike di Kota Medan). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 183-196,2019.

Surianto, K. N., & Istriani, E. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online Grab-Cardi Yogyakarta,2019.

Teluma, Y. B. Pengaruh Fitur Layanan, Persepsi Kemudahan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Maxim di Kota Samarinda. PENG: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 2(2), 3772-3789,2025.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.