UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SD NEGERI 24 BILAH HULU KABUPATEN LABUHANBATU
Abstract
Keywords: Teacher competency, Classroom management, Academic supervision
Full Text:
PDFReferences
Carudin, C., & Agus, K. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Kerja Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 1(1), 30–37.
Islam, T., Ahmad, S., & Ahmed, I. (2023). Linking environment specific servant leadership with organizational environmental citizenship behavior: the roles of CSR and attachment anxiety. Review of Managerial Science, 17(3), 855–879.
Kanya, N., Fathoni, A. B., & Ramdani, Z. (2021). Factors Affecting Teacher Performance. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(4), 1462–1468.
Kemendiknas. (2010). Supervisi Akademik Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah. Direktorat Tenaga Kependidikan.
Mulyasa E. (2019). Guru Profesional. Rosdakarya.
Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.
Sari, E., Sihaloho, R., Sutomo, S., & Arum, W. S. A. (2021). Meningkatkan komitmen guru melalui optimalisasi kepemimpinan kepala sekolah. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(04), 250–264.
Setiawan, D. (2019). Pemberdayaan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SLB. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 2(1), 177–182.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta.
Usman, M. U. (2017). Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya.
Copyright (c) 2025 Junita Junita, Muhammad Ardiansyah