ANALISIS NILAI PERUSAHAAN PADA SEKTOR FOOD AND BEVERAGES DI BURSA EFEK INDONESIA

Alifia Safa Susilo, Dhani Ichsannudin Nur

Abstract


Firm value is the company's performance, which is reflected in the share price that is formed by supply and demand in the capital market. The purpose of this study is to determine and analyze the effect of leverages, profitability, company size, and company growth as factors that influence a firm value in food and beverages companies listed on the Indonesia Stock Exchange in the 2015-2019 period. The population used in this study were 27 companies. The sampling method in this study was purposive sampling. The sample were 17 companies. The method used in this research is multiple linear regression with the classical assumption test. The results indicate that the independent variables, namely profitability, company size, and company growth can contribute to increasing the value of companies. While, leverages cannot contribute in increasing the value of company.

 


Full Text:

PDF

References


Asnawi, S. K. dan C. W. (2015). (Finance for Non Finance) Manajemen Keuangan Untuk Non Keuangan (Ed. 1 Cet.1). Rajawali Pers:Jakarta

Brigham, Eugene F. and Joel F. Houstoun (2006). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, Fundamental of Financial Management (10th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Brigham, Eugene F. and Joel F. Houstoun. (2011). Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Fundamental of Financial Management, Buku 2 (11 ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Brigham, F. E., & Houston, F. J. (2015). Fundamentals Of Financial Management (Concise Ed). South Western, Cengage Learning

Fahmi, I. (2015). Pengantar Manajemen Keuangan Teori dan Soal Jaw

Harahap, S. S. (2011). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. PT RajaGrafindo Persada.

Hery. (2017) Kajian Riset Akuntansi, Mengulas Berbagai Hasil Penelitian Terkini dalam Bidang Akuntansi dan Keuangan. PT.Grasindo.

Ida Ayu Anggawulan Saraswathi,I Gst. Bgs. Wiksuana, H. R. (2016). Pengaruh Risko Bisnis, Pertumbuhan perusahaan dan Struktur modal terhadap Profitabilitas serta Nilai Perusahaan manufaktur. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Unud, Vol 05, No.

Imam Rahmatio, Muhammad Saifi, F. N. (2018). Pengaruh debt to equity ratio, return on equity, return on asset dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan (studi pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2012-2016). J. Adm. Bisnis.

Margaretha, F. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Dian Rakyat.

Mukhammad Arifianto, M. C. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Terdaftar PadaIndeks LQ-45 Periode 2011-2014). Diponegoro J. Management. Vol 5, No, 12 (2016).

Prasetia, Ta’dir Eko, Tommy, Parengkuam, Saerang, I. S. (2014). Struktur Modal, Ukuran Perusahaan dan Risiko Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan Otomotif yang Terdaftar di BEI. ISSN 2302-1174.

Putu Yunita Saputri Dewi, Gede Adi Yuniarta, A. W. T. A. (2014). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan LQ 45 di BEI Periode 2008-2012. Jurnal Akuntansi S1, 2 No,1, 10.

Roosiana Ayu Indah Sari, M. patuh P. (2016). Pengaruh leverage, profitabilitas, size, dan growth opportunity terhadap nilai perusahaan. J. Ilmu dan Ris. Manaj. Vol 5.

Satorno, A. (2010). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi 4. Yogyakarta: BPFE.

Siska Adelina, Restu Agusti, dan Y. M. B. (2014). Pengaruh Rasio Likuiditas, Leverage, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Industro Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2012. Jurnal Jom FEKON, Vol 1, No., 15.

Sumarsono, Hadi, dan E. H. (2012). Pengaruh Keputusan Pendanaan, Kebijakan Deviden dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Ekuilibrium, 10, No 1.

Veronica Hasibuan, M. D. (2016). Pengaruh Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 39, No 31.




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v1i1.2123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418