ANALISIS BAURAN PEMASARAN 4P’s PADA KEPUTUSANDAN KEPUASAN PEMBELIAN TERHADAP MINATBELI ULANG DAN LOYALITAS PELANGGANSTUDI KASUS PADA UKM KULINER WARDOM PAK ATO

Rabiah Rahma Dhani, Sumitro Sumitro, Zulkifli Musannif Efendi Siregar

Abstract


This study aims to determine and analyze the effect of 4p's marketing mix on purchasing decisions and satisfaction and its impact on repurchase interest and customer loyalty in the case study of Wardom Pak Ato's Culinary UKM. The population in this study are consumers who buy at Warung Indomie Pak Ato located in Ujuang Bandar, Kec. Rantau Selatan. This research used a research instrument in the form of a questionnaire with a total sample of 100 respondents. Sampling in this study using accidental sampling (Accidental Sampling) which is part of sampling non-probability (Non-Probability Sampling). The feasibility test of the research instrument as well as descriptive analysis of the characteristics of the respondents used version 22 of the softwareSPSS (Statistical Package for the Social Science). While the data analysis technique used the path analysis model with the help of software SmartPLS version 3.0.


Full Text:

PDF

References


Dewi, D. R., Magdalena, M., & Dhiana, P. (2015). Pengaruh Word of Mouth, Tingkat Pendapatan dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian yang Berdampak Pada Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Kasus pada Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang). Journal of Management, 1(1), 1–19. Retrieved from http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/viewFile/254/250

Dewi, K. A. N. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan Dunkin’ Donuts di Surabaya dan Sidoarjo). Jurnal BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 9(1), 43–55. https://doi.org/10.26740/bisma.v9n1.p43-55

Elpawati, Nugraha, A. tjachja, & Abimanyu, T. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Teh Walini Di Industri Hilir Teh PT. Perkebunan Nusantara VIII Bandung. Jurnal Agribisnis, 13(7), 82–95.

Hamdun, E. K., & Romadhani, D. A. (2016). Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Roti Fatimah Bakery Di Situbondo. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 14(2), 31–48.

Hermawan, H. (2015). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Roti Ceria di Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 1(2), 143–161.

Hestanto Adi. (2017). Keputusan Pembelian.

Komarudin, D. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Panadol Untuk Nyeri Kepala Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen Di Jakarta Timur. Jurnal Ekonomi, 21(2), 176–197.

Kotler, P. & K. L. K. (2016). Marketing Management (Global Edi). https://doi.org/10.1007/978-1-137-32601-0_12

Kurniawati, A. (2018). Analisis Keputusan Lokasi Usaha, Promosi, dan Brand Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada CV. Saha Perkasa Gajah Mada Tulungagung. IAIN TULUNGAGUNG.

Labibah, Z. (2019). Pengaruh E-Servis Quality Dan Promosi Daring Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Pembelian Ulang Pada Pemesanan Hotel Di Situs Traveloka. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 7(2).

Luthfi, A., & Hapsari, S. A. (2017). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perumahan Green Tegal Gede Residence. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Paper Ekonomi Dan Bisnis, 477–485.

Mianto, D. R. (2018). Pengaruh Pemilihan Lokasi Usaha Terhadap Keberhasilan Usaha Jasa (Studi Pada Usaha Kafe Berskala Mikro/Kecil Sekitar Kampus di Kota Malang). Universitas Muhammadiyah Malang.

Noviyani, & Andayani, A. (2019). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Pelanggan Timezone Depok Town Square. Jurismata, 1(2), 133–144.

Pamongkas, H. K. (2018). Analisis Pengaruh Lokasi Usaha Terhadap Penjualan (Studi pada Distro di Kota Malang). University of Muhammadiyah Malang.

Pandey, P. P. & M. M. (2015). Research Methodology: Tools And Techniques. Romania: Bridge Center.

Pasharibu, Y., Paramita, E. L., & Febrianto, S. (2018). Price , service quality and trust on online transportation towards customer satisfaction. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 21(2), 240–264.

Prayoga, I. M. S., Yasa, N. N. K., & Wardana, M. (2015). Relational Benefit, Kepuasan, Dan Loyalitas Pelanggan Pada Bengkel PT Honda Dewata Motor. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 17(1), 11–20. https://doi.org/10.9744/jmk.17.1.11-20

Rusdianto. (2015). Pengaruh Kinerja Bauran Pemasaran dan Kualitas Jasa Terhadap Loyalitas Pasien dan Citra Institusional Serta Implikasinya pada Kineja Rumah Sakit ( Suatu Survey Pada Rumah Sakit Kepolisian (Bhayangkara) di Indonesia. Jurnal Bisnis & Manajemen, XVI(2), 118–128.

Santoso, A., & Harmoni. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekuilibrium, 11(1), 43–55. https://doi.org/10.24269/ekuilibrium.v11i1.112

Sarkum, S., & Watrianthos, R. (2018). Market price stabilizing strategy: overview of the combination of SWOT and QSPM analysis. Jurnal Manajemen Motivasi, 14(2), 53. https://doi.org/10.29406/jmm.v14i2.1063

Satyanegara, A., & Setiawati, C. I. (2016). Product Attributes and Price on Purchase Decision of Xiaomi Smartphone. Jurnal Trikonomika, 15(1), 40–47. https://doi.org/10.23969/trikonomika.v15i1.398

Siregar Efendi Musannip Zulkifli, Suryana, E. A. & S. H. S. (2020). Knowledge Management, Innovation, and Firm Performance : The Case of Batik Industry in Indonesia. Quality Access to Success, 21.

Usmiar, & Nurhamidah. (2019). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Prabayar Indosat (Studi Kasus Mahasiswa Kampu 1 Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat). Jurnal Menara Ekonomi, 5(1), 84–92.

Yoesmanam, I. C. (2015). Pengaruh Pengetahuan Produk dan Persepsi Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Kosmetik Organik. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 7(2), 134–142. https://doi.org/10.26740/bisma.v7n2.p134-142.




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v1i1.2143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418