PENGARUH CSR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (PERUSAHAAN ANEKA INDUSTRI SEKTOR TEKSTIL DAN GARMENT TERDAFTAR DI BEI 2016-2018)

Eka Mayastika Sinaga

Abstract


This study aims to determine how the influence of corporate social responsibility on firm value with profitability as a moderating variable (Case Study of Various Industries in the Textile and Garment Sector Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange 2016-2018 Period). The population in the study were various textile and garment industry companies listed on the Indonesia Stock Exchange (BEI) in the 2016-2018 period. The sampling method used was the purposive sampling method with a sample of 15 companies during the observation period of 3 consecutive years so that the total sample was 45. The method of analysis of this study used multiple linear regression and moderating regression analysis. The results of this study indicate that CSR and profitability have a significant effect on firm value.


Full Text:

PDF

References


Aisyatul Munawaroh. 2014. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi Vol. 3 No. 4

Amanda K.M (2016), Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pengungkapan Islamic Social Reporting pada Bank Syariah, Accounting Analysis Journal, 5 (1), 1-8

Anggraini, Fr. R. R. 2006. Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan. Simposium Nasional Akuntansi IX. Padang. 23-26 Agustus.

Dahli, L. dan Siregar, V. S. 2008. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2005 dan 2006). Simposium Nasional Akuntansi XI. Pontianak.

Dewi, Rosiana R dan Tia Tarmia, 2011. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Good Corporate Governance sebagai Variabel Pemoderasi.Jurnal informasi, perpajakan, akuntansi, dan keuangan publik (Vol.6, No.2, Juli 2011) : 115-132

Frihatni, Andi Ayu. 2014. “ Efek Moderasi Profitabilitas Terhadap Hubungan Corporate Social Responsibility Dengan Nilai Perusahaanâ€. Skripsi Universitas Hasanudin. Makasar

Ghozali, Imam.2011.Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 19 : Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Ghozali, Imam.2013.Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 19 : Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Gujarati, D.N. dan D.C. Porter. 2010. Dasar-dasar Ekonometrika, Edisi 5.: Salemba Empat. Jakarta

Harahap, Sofyan Syafri. 2004. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. : PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

Herawati, Vinola. 2008. Peran Praktek Corporate Governance sebagai Moderating Variabel dari Pengaruh Earning Management terhadap Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XI. Pontianak.

Herawati, Vinola. 2010. “Peran Praktek Corporate Governance sebagai Moderating Variable dan Pengaruh Earning Management terhadap Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XI. Pontianak.

Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Satu. Cetakan Ketujuh. : PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

Kusumadilaga, Rimba. 2010. “ Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI Tahun 2006-2008â€.Unpublished Skripsi.Universitas Diponegoro:Semarang.

Mandasari, Putri Yuliana, Kamaliah dan Rheny Afriana Hanif. 2013. “ The Influence of Corporate Social Responsibility to Firm Value with Profitability an leverage as a Moderating Variable (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI. Tahun 2010-2012)â€.Jurnal Ekonomi, Vol.21 No.4 Hal 1-20. Universitas Riau:Pekanbaru.

Margaretha, Farah. 2011. Manajemen Keuangan untuk Mananajer Non keuangan.: Erlangga. Jakarta

Martono dan Agus Harjito. 2010. Manajemen Keuangan (Edisi 3). : Ekonisia. Yogyakarta

Ni Wayan Rustriani. 2010. “Pengaruh Govermance Pada Hubungan Corporate Social Responsibility dan Nilai Perusahaanâ€. Simposium Nasional Akuntansi X.Makasar

Nor Hadi. 2011. Corporate Social Responsibility.: Graha Ilmu. Yogyakarta

Nurlela dan Islahudin. 2008. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Presentase Kepemilikan Manajemen sebagai Variabel Moderating. Simposium Nasional Akuntansi XI.

Paranita, E. S. 2007. Analisis Pengaruh Inseder Ownership, Kebijakan Hutang, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. ASET. Volume 9 Nomor 2. Agustus : 464-493.

Puspaningrum. 2014. “Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kepemilikan Manajerial terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating ( Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Di Bursa Efek Indonesia).Skripsi.Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta:Yogyakarta

Rakhiemah, A. N. dan Agustia, D. 2009. Pengaruh Kinerja Lingkungan terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure dan Kinerja Finansial Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Simposium Nasional Akuntansi XII. Palembang.

Samryn, L. M. 2014. Pengantar Akuntansi. Edisi IFRS.: Rajawali Pers. Jakarta

Soliha, 2002. Insider Ownership, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan. Jurnal Manajemen. Vol. 8, No.2.

Suad Husnan dan Enny Pudjiastuti. 2012. Dasar – Dasar Manajemen Keuangan. Edisi Keenam Cetakan Pertama. : UPP STIM YPKN. Yogyakarta

Sutopoyudo. 2009. Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Profitabilitas Perusahaan. Sutopoyudo’s Weblog at http://www.wordpress.com. Diakses tanggal 30 Oktober 2009

Waryanti, 2009. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Sosial Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Skripsi S1 Akuntansi UNDIP.

Yuniarti, 2003. Pengungkapan Informasi Pertanggungjawaban Sosial Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di BEI.†Jurnal Telaah dan Riset Akuntansi. Vol 1, No.2: 240-252.

Referensi Website

www.hukumonline.com

www.globalreporting.org

www.idx.co.id




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v1i2.2149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418