STRATEGI PEMASARAN GLOBAL DAN RISET PASAR TERHADAP PENJUALAN BATIK DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN (Studi Kasus Industri Batik Tulis Giriloyo)

Khotiza Anisa, Wildan Izzaty, Hari Setiawan Saragih, Suhairi Suhairi

Abstract


Marketing strategy is one way of winning a sustainable competitive advantage whether it is for a company that produces goods or services. The market competition is so much to be a challenge for entrepreneurs.One of the industry producing batik in Indonesia is in Wukirsari Village.The purpose of this study is to analyze the marketing strategy of the global industry is batik Giriloyodalam the face of competition.In this study the author uses the descriptive qualitative method where data collection techniques used is literature study. The results showed that the marketing strategy for the global industry is batik tulis Giriloyo is a strategy of product (product), pricing strategy (price), the strategy of promotion (promotion) and distribution strategy (placement) which commonly called the 4P.


Full Text:

PDF

References


Baiquni, M. (2004). Buku Ajar Manajemen Strategis. Yogyakarta : Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada.

Bintarto,R., dan Hadisumarno, Surastopo.(1987). Metode Analisa Geografi. Jakarta : Lembaga Penelitian, pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Soial.

Effendi, Sofian.,dkk. (2012). Metode Penelitian Survey. Jakarta : LP3ES Gitosudarmo, Indriyo. (2000). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : BPFEYogyakarta.

Kotler, Philip. (1991). Marketing Jilid 2,(Diterjemahkan oleh HerujatiPurwoko). Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip. (1993). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, (Diterjemahkan oleh Adi Zakaria Afif). Yogyakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Muta’ali, Lutfi., dan Widiyanto, Dodi. (2013). Bahan Ajar Metode dan Teknik I : Analisis Sosial Ekonomi. Yogyakarta : Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada.




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v2i1.2379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418