PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN UMKM (STUDI PADA TOKO PERABOT ALUMANIUM “SAS†RANTAUPRAPAT)

Elida Florentina Sinaga Simanjorang, Chindi Chindi

Abstract


This study aims to discuss the effect of price, product quality, service quality and product completeness on customer loyalty at the Sinar Aluminum Service (SAS) Rantauprapat Store. The population in this study are customers who have made a purchase transaction and a sample of 67 respondents with a simple random sampling technique, which means that all populations have the same opportunity to become respondents. Data analysis using Multiple Linear Regression Analysis, t-Test, F-Test, and Determinant Coefficient Test. The results showed that based on the t-test that partially all independent variables had a positive and significant effect on the dependent variable. The F-test results show that simultaneously all independent variables have a positive and significant effect on the dependent variable. In the determinant coefficient test, the Adjusted R Square value is 0.400 or 40%, which means that customer loyalty can be explained by the variables of price, product quality, service quality and product completeness, while the remaining 60% can be explained by other variables not examined in this study. Customer loyalty is very important for UMKM in order to maintain the continuity of their business activities. The existence of the best price, product quality, service quality and completeness of the product will arouse the enthusiasm of customers to transact again, even further introducing the product to others.


Full Text:

PDF

References


Budiastari, S. (2013). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Beton Siap Pakai Holcim Di Jakarta. Manajemen.

Duli, N. (2019). uji instrumen penelitian.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 22.

Hadi, S. (2010) Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi. Oliver,

Id, ilmu ekonomi. (2019). Metode Penetapan Harga Berbasis Permintaan.

Korowa, E., & Asaloei, S. (2018). Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Pembelian Ulang Konsumen (Studi Kasus Freshmart Bahu Manado). Jurnal Administrasi Bisnis.

Kottler Amstrong, G 2012. Principles Of Marketing. 14th Edition Pearson International Edition. Prentice Hall. New Jersey

Maramis, F. S., Sepang, J. L., & Soegoto, A. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk , Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt . Air Manado.

Miswanto. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Tahu Tuna “Dewa Ruci†Pacitan. Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Tahu Tuna “Dewa Ruci†Pacitan.

Muliasari, I. (2017). Pengaruh Harga Dan Proses Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kafe Instamie (Survey Pada Konsumen Kafe Instamie Jl. Tamansari No 15 Bandung). Universitas Pasundan Bandung.

Novianti, Endri, & Darlius. (2018). Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan.

Nur, W. (2016). Pengaruh Lokasi, Keragaman Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Giant Ekspres Cabang Alauddin Makassar.

Rizaldi, N. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan, Handphone Samsung (Studi Kasus Di Fakultas Ekonomi Ums).

Sastra, P. (2018). oeniwahyuni Just another WordPress . com site.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Bandung. Alfabeta.

Widodo, T. (2016). Pengaruh Brand Image, Atribut Produk Dan Hargaterhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Variodi Kulon Progo. Pengaruh Brand Image, Atribut Produk Dan Hargaterhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Variodi Kulon Progo.

Yafie, A. S., Suharyono, & Abdillah, Y. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Food and Beverage 8 Oz Coffee Studio Malang).

YN, D. (2017). Pengaruh Pemasaran dan Kualitas Pelayanan dengan Loyalitas Pelanggan.




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v2i1.2487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418