Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Asuransi Pendidikan (Studi Kasus Pada PT Sunlife Financial Cabang Medan)

Indah Rayansi, Rahmi Rayansi

Abstract


The problem studied in this study is about the purchase of Education Insurance which has fluctuated in the last 5 years (2017-2021) caused by a decrease in customers who buy education Insurance from year to year and a decrease in customers who extend the purchase of Education Insurance policies. This study aims to determine the effect of consumer behavior on purchasing decisions Education Insurance at PT. Sunlife Financial Insurance Medan branch. This study uses a quantitative approach and uses primary data by distributing questionnaires to 100 customers as a sample with a population of 100 customers, the sampling technique using the Slovin formula with Likert Scale measurements. The data is processed through SPSS V 20.0 program with technical simple linear regression analysis. The results showed that here was a positive and significant influence of consumer behavior on the purchase decision of Education Insurance at PT. Sunlife Financial Insurance Medan Branch from the results of the t test partially proves that consumer behavior variables affect purchasing decisions with tcount 8.581 > t table 1.66055 and the significance value is less than 0.05, which is 0.000.


Full Text:

PDF

References


Bi Rahmani, Nur Ahmadi. “Metode Penelitian Ekonomiâ€. Medan; Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2016

Geonadhi, Lydia “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Aavanza Di Kota Banjarmasinâ€,(Jurnal Manajemen dan Akuntansi,2011).

Kementrian Agama, Alqur’an. Bogor: Lajnah pentashihan mushaf Al-Qur’an; 2007.

Khoirinnisa, Esa. Gumilar, Iwang Dan Nurhayati, Atikah. “Analisis Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Produk Kaki Naga Studi Kasus di CV. Bening Jati Anugrah, Kabupaten Bogor†;(Jurnal, Perikanan Kelautan Universitas Padjadjaran, 2016).

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran Prenhallindo, Jakarta; Indeks, 2009.

Kottler, Philip Dan Amstrong. Manajemen Pemasaran, Jakarta; Indeks, 2008.

Kuncoro, Mudrajad. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi; Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis.Jakarta; Gelora Aksara Pratama, 2009.

Mangkunegara, Anwar Prabu. Perilaku Konsumen.Bandung ;Refika Aditama, 2002.

Marwa, Sarita. Sumarwan, Ujang. Nurmalina, Rita. “Bauran Pemasaran Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Asuransi Jiwa Individu Pada Fakultas Ekonomi Dan Manajemen, IPBâ€( Jurnal, Ilmu Keluarga Dan Konsumen, IPB,September 2014).

Mistia Silva, Putri, “Pengaruh Persepsi Konsumen Dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi PT. Prudential Samarinda†(Jurnal, Fakultas Ilmu Psikologi Universitas Mulawarman Samarinda, 2017).

Muflih, Muhammad. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam, Jakarta; Rajagrafindo Persada, 2006.

Narbuko, Metodologi Penelitian, Jakarta; Bumi Aksara, 2005.




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v2i2.2598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418