Analisis Mekanisme Pembiayaan Pada Tabungan Asuransi Dana Haji Produk Mitra Mabrur (Studi Kasus : AJB Bumiputera 1912 Syariah Cabang Medan)

Yolanda Tawabina, Rahmi Syahriza

Abstract


Abstract

This research aims to determine how the financing mechanism for Hajj fund insurance savings at AJB Bumiputera 1912 Sharia Division and the advantages and disadvantages of MitraMabrur products.  Type of the research used descriptive qualitative research.  The results of the researchshowed that in general the financing mechanism for Hajj fund insurance savings starts from the requirements for submission, operational systems, fund management and distribution of investment returns. Of all the processes implemented by AJB Bumiputera 1912 the Sharia Division is quite simple and easy. The advantage of the MitraMabrur product is that participants can take cash value from ongoing premiums. The weakness of this product is that the company does not prepare BPIH, does not register participants in the SISKOHAT application and there is no certainty of participant departure.


Full Text:

PDF

References


Bi Rahmani, Nur Ahmadi, 2016. Metodologi Penelitian Ekonomi. Medan: FEBI Press.

Soemitra, Andri. Asuransi Syariah. Medan: Wal Ashri Publishing.

Soemitra, Andri. 2017. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana.

Sula, Muhammad Syakir. 2016. Prinsip-Prinsip Asuransi Syariah. Jakarta: Syakir Sula Insitute.

Solikhin, Muhammad. 2013. Keajaiban Haji dan Umrah. Jakarta: Erlangga.

Lia Fadhilah. (2019). Strategi dan Manajemen Travel Haji dan Umroh Kota Medan dalam Pelayanan dan Kualitas untuk Meningkatkan Jumlah Konsumen. Al-Muamalat: Jurnal Hukum dan Ekonomi Syariah 4 (I), 1-24.

Vivi Nurul Afidah, Syahril Romli. (2019). Strategi Pemasaran Paket Ibadah Haji dan Umroh dalam Merekrut Jemaah di PT. Sela Express Tour Kota Pekanbaru. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi 1 (3), 183-200.

Haras. (2017). Manajemen Pelayanan Haji dan Umrah pada PT Global Inspira Indonesia. UIN Alauddin Makasar. Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Khairul Islami, Dipo. (2014). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Haji dan Umroh PT. Margi Suci Minarfa Jakarta Pusat. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kusuma, Maulana Adi. (2012). Aplikasi Sistem Manajemen Syariah serta Dampaknya Terhadap Mitra Nasabah Studi Kasus KJKS Mitra Amanah Sejahtera. IAIN Walisongo Semarang. Fakultas Syariah.




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v2i2.2619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418