Pengaruh Personal Selling Agen Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Nasabah Pada PT.Sun Life Financial Cabang Medan

Elvira Maisyaroh, Rahmi Syahriza

Abstract


The insurance business is growing in Indonesia, causing fierce competition. Consumer behavior in the purchase process begins with the purchase interest where consumers get information, references and even compare one product with another before making a purchase. This study aims to examine empirically the influence of (1) personal sellingagen and product quality on purchasing decisions, (2) personal selling on purchasing decisions, (3) product quality on purchasing decisions. The research design used is causal quantitative research design. The method of data collection using questionnaires, which were then analyzed using multiple regression with classical assumption test. The sample in this study are customers of PT.Sun Life Financial Medan branch that purchased at least two different and similar programs involving 94 respondents. The results showed that there is a simultaneous relationship of personal selling and product quality to the purchase decision of 0.785; there is a partial significant effect of personal selling on the purchase decision of 0.445; and there is a partial significant effect of product quality on the purchase decision of 0.173. Thus it can be concluded that the existence of a good personal selling process and product quality in accordance with customer needs will affect the customer's decision in choosing insurance.

Full Text:

PDF

References


Dwiastuti, Rini, dkk. 2012. Ilmu Perilaku Konsumen. Malang:Tim UB Press. Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multiviarate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Jakarta:PT. Buku Seru. Jaiz, Muhammad. 2014. Dasar-Dasar Periklanan. Yogyakarta:Graha Ilmu. Kotler, Philip dan K. L. Keller. 2007. Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi 12.______:Indeks. Kristianto, Paulus Lilik. 2011. Psikologi Pemasaran:Integrasi Ilmu Psikologi dalam Kegiatan Pemasaran. Jakarta:PT. Buku Seru. Marwanto, Aris. 2015. Marketing Sukses. Jakarta:PT. Buku Kita. Morissan. 2010. Periklanan:Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta:Kencana. Priyanto, Refi Eko, Edi Safni Rosa dan Rini Syarif. 2014. “Pengaruh Personal Selling dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelianâ€. Jimkes, Vol.2.No.1 (hlm.1). Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta:CV.Andi Offset. Simamora, Bilson. 2001. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta:PT. Gramedia Pustaka Utama. Sitompul, Hanna. 2015. “Pengaruh Personal Selling Terhadap Sikap Konsumen Memilih Produk Asuransi (Kasus PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Cabang Pekanbaru)â€. Jom FISIP,Vol.2 No.2 (hlm.7). Sari, Yakut Dekrita. 2012. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Membeli Produk Industri Garmentâ€. (hlm.88). Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung:CV.Alfabeta. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung:CV.Alfabeta. Suhartanto, Dwi. 2014. Metode Riset Pemasaran. Bandung: Alfabeta Sulistyawati, Praba. 2010. Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Acer di Kota Semarang. Jurusan Manajemen, Universitas Diponegoro Semarang.

Sunyoto, Danang. 2012. Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta:PT.Buku Seru. Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik Edisi Kedua. Yogyakarta:Andi. Widiana, Muslichah Erma dan E.Rusmawati. 2014. “Pengaruh Ekuitas Merek, Kualitas Produk dan Penjualan Perorangan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Maspion di Desa Seruni Gedangan Sidoarjoâ€. E-Jurnal Manajemen Kinerja (hlm.68-73).




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v2i3.2641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418