Pengaruh Kualitas barang Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Toko Yoorihana Melalui Aplikasi Shopee)

Yona Melia

Abstract


There are several factors that affect consumer satisfaction, one of which is the quality of the product. Based on the satisfaction assessment data at the Yoorihana store through the Shopee application, from 5 assessment scales, there are some consumers from the yoorihana store who provide less assessment of shopping satisfaction through the Shopee application so that the satisfaction assessment results at the store are not included in the best category. This study aims to determine the effect of product quality on consumer satisfaction in Yoorihana store through shopee application. This study used primary data obtained from the distribution of questionnaires containing 13 statements to 37 consumer samples. This study is descriptive, quantitative, and the influence of analysis in this study using simple linear regression analysis. The results showed that the variables on product quality had a significant influence on employee satisfaction of 41.6%.

 


Full Text:

PDF

References


Afnina dan Yulia, Hastuti. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Bandung: Remaja Rosdakarya, P-ISSN 2089-1989.

Ariadi, Wibowo. (2009). Nalisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Perumahan Sembungharjo Permai Pengembang PT. Sindur Graha Tama). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia Volume Viii, No. 2, September 2009, halaman 173 – 186.

Dahliani, Yani, dan Ahwal, Rohmat Hasanul. (2021). Kajian Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Gieselin Food Sukser Makmur Di Jember. Vol.2 No.1 Juni 2021

Darmawan, D. (2013) Metode penelitian kuantitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya Dharmmesta, B.S., Irawan (2005). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta:

Liberty. Drumond, Helga, 2006, Perilaku Konsumen, Jakarta, Salemba Empat. Indrawati (2015) ‘Metode Penelitian Manajemen Dan Bisnis’, Bandung: PT Refika

Aditama

Istijanto. 2014. Riset Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.

Karina, Marsha. (2019). Pengaruh E-servicescape Online Marketplace Shopee pada Perceived Value dan Kepuasan Pelanggan, serta Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan, Vol 9 No 1, P-ISSN 2089-550x.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga Kotler, Philip dan Keller Kevin Lane. 2012. Marketing Management. Edisi 14. Global

Edition. Pearson Prentice Hall.

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Kusumajaya, Robby Andika, dan Zusrony, Edwin. (2019). Analisis Customer Satisfaction Pada Pengguna Platform Digital Shopee. ISSN : 2442-7942 Vol. 5 Nomor 4.

Lubis, Alfi Syahri, dan Andayani, Nur Rahmah. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Sucofindo Batam. ournal of Business Administration Vol 1, No 2, September 2017, hlm. 232-243. e- ISSN:2548-9909.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. (Edisi 3).

Jakarta: Salemba Empat.

Nuraeni. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Jasa Transportasi Online Grab. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 8 No. 1 Februari 2021. P - ISSN :2503-4413.

Prawirosentono. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia: Kebijakan Kinerja Karyawan, Kiat Menuju Organisasi Kompetitif Dalam Perdagangan Bebas Dunia. Yogyakarta:BPFE.

Sekaran, U. (2011) Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Jakarta: Salemba Empat Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Kencana.

Sugiyono(2006). Metode Penelitian Bisnis, Bandung: CV. Alfabeta. Sugiyono. (2009). Metode Penelitian bisnis. Bandung : Alfabeta, CV.

Suparmoko. M. 2013. Metode Penelitian Praktis untuk Ilmu-ilmu Sosial, Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: BPFE.

Supriyadi, Yuntawati Fristin, dan Ginanjar KN, Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal Bisnis dan Manajemen, Volume 3, 2016, hlm.136.

Tjiptono, F. 2013. Manajemen Jasa. Yogyakarta: ANDI.

Umar, H. 2013. Studi Kelayakan Bisnis: Teknik Menganalisa Kelayakan Rencana Bisnis secara Komprehensif. Jakarta: PT. Gramedia PustakaUtama.




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v2i2.2687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418