Pembiayaan Porsi Haji Pegadaian Syariah dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah (Studi Kasus : Nasabah PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Madina)

Ahmad Kurnia Nasution, Muhammad Lathief Ilhamy

Abstract


The purpose of this study is (1) What is the portion of Hajj financing in Sharia pawnshops,(2) factors driving customer interest in Sharia pawnshops and (3) Sharia pegadian marketing strategy.The object of this study is all customers who use the services of Madina Sharia pawnshops in 2022.The method of this study uses methods using data collection techniques and data processing techniques,data collection techniques using (1)literature studies,(2) Field Studies,(3) observation and (4) interviews.in data processing techniques researchers use (1) Editing (examination of data), (2) classifying (classification), (3) analyzing (analysis) and (4) Concluding (conclusion).The results of this study is the financing portion of Hajj financing Sharia services that provide convenience to the public to get the portion of Hajj portion of Hajj financing dalah one of the products of Sharia Pawnshop unit Madina.There are four factors that influence customer interest in Islamic pawnshops, namely service, location and marketing.How pawnshops introduce their products to Sharia pawnshops customers, namely place strategy, price strategy and promotion strategy. 


Full Text:

PDF

References


Luthfina. (2019, Desember). Implementasi Fatwa DSN-MUI Pada Produk Arrum

Haji Di Pegadaian Syariah Cabang Babakan Surabaya. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, Vol 16 N0.12

Abdul Ghafur Anshori, Gadai Syariah Di Indonesia Konsep, Implementasi Dan Institusionalisasi, Edisi Pertama, Cetakan Pertama Gadjah Mada University Press,Yogyakarta 2006 hal 89

Suliyanto. 2005. Analisis Data dalam Aplikasi Pemasaran. Bogor: GhaliaIndonesia.

Arifin Atwal dan Khotimah Husnul. (2014). Pengaruh Produk, Pelayanan, Promosi dan Lokasi terahadap Keputusan Masyarakat Memilih BANK SYARIAH di SURAKARTA, 163–184.

Ahmad Muanas dan Suherman “Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhadap

Keputusan Pembelian Mobil Buana Indomobil Trada†Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3, No. 12 (2014).

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Penerbit, Prenhallindo, Jakarta. Daulay, Aqwa Naser. 2015. Realita Akad Tabungan Haji Di Indonesia. (Jurnal Tansiq). Medan: Febi Press.

Rezkia,salsabila miftah.â€Metode Pengolahan Data: Tahapan Wajib yang Dilakukan Sebelum Analisis Dataâ€,https://dqlab.id/metode-pengolahan-data-tahapan-wajibyang-dilakukan-sebelum-analisisdata#:~:text=Dalam%20setiap%20analisis%20data%2C%20metode,akurat%20sert a%20dapat%20dipertanggungjawabkan%20kebenarannya.diakses pada 17 februari 2022 pukul 08.23.




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v2i3.2703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418