Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lingkungan Kerja, Beban Kerja Dan Insentif Terhadap Loyalitas Pegawai Pada Rumah Sakit Umum Rantauprapat

Susilawati Susilawati

Abstract


This study aims to determine the analysis of the influence of service quality, work environment, workload and work environment on employee loyalty at Rantauprapat General Hospital. In testing individually / partially (t test) obtained two variables that have a significant influence and two variables that are not significant to employee loyalty. Where the value of the probability of significant service quality variable (X1) is more than 0.05, which is equal to 0.001 with a value of beta ( â‘¢ ) of 0.500, for the work environment variable (X2) is less than 0.05, which is equal to 0.031 with a value of beta ( â‘¢ ) of 0.361, the workload variable (X3) has a significant probability value of more than 0.05, which is equal to 0.085 with a value of beta ( â‘¢ ) of 0.179, as well as the work environment variable has a significant probability value of more than 0.05 that is equal to 0.056 with a beta value of 0.243. For the results of the analysis based on the F test conducted showed that the quality of service, work environment, workload and work environment simultaneously or together have a significant positive influence on employee loyalty in Rantauprapat General Hospital.


Full Text:

PDF

References


Andriani, N. (2013). Persepsi Kesesuaian Kompensasi dan Rotasi Pekerjaan Terhadap Kinerja Karyawan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi IX Jember. Universitas Jember.

Arikunto.S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astianto, A., S. H. (2014). Pengaruh Stres Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PDAM Surabaya. ejournal.stiesia. STIESIA Surabaya.

Dewi, R. R. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Pengguna Bpjs Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Dayasaing, 18(2), 146. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v18i2.4511

Fajar, L. (2010). Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Fajarullaili, N. A. (2018). Pengaruh Beban Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Loyalitas Karyawan Pada Unit Pelayanan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen (5th ed.). Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harrianto, R. (2010). Buku Ajar Kesehatan Kerja. Jakarta: EGC.

Jusuf, H. (2010). Tingkat Loyalitas Guna Peningkatan Prestasi Kerja dan Karir.

Kotler, K. (2016). Marketing management. Boston: Pearson Education.

Lestari, P. (2015). Hubungan Antara Pengembangan Karir Dan Pemberian Insentif Terhadap Loyalitas Kerja Karyawan Pada Pt. Komatsu Remanufacturing Asia Di Balikpapan. EJournal Psikologi, 4(2), 131–143.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.

Moeheriono. (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Moekijat. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Mandar Maju.

Nafrizal, A. R., & Idris, S. (2012). Pengaruh Insentif, Motivasi Kerja, Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja serta Dampaknya pada Kinerja Personil POLRI pada Satuan Kerja Biro Operasi MAPOLDA Aceh. Jurnal Manajemen Pasca Sarjana Universitas Syiah Kuala, 2 Nomor 1, 52–67.

Najmyah, & Ais, N. (2018). Pengaruh kompetensi, motivasi dan kedisiplinan terhadap kinerja pegawai kantor kementerian agama kabupaten maros. Jurnal Ilmu Ekonomi, 1(1), 121–131.

Riani, A. L. (2013). Manajemen Sumber daya Manusia Masa Kini. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rochmat, K. B., Hamid, D., & Hakam, M. S. (2013). Pengaruh Pemberian Insentif terhadap Kinerja Pustakawan di Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang, 1(1).

Sagala, R. D. E. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sapaynarta, A., & Dewi, A. (2013). Pengaruh Insentif Finansial Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Loyalitas Karyawan Pt. Jasaraharja Putera Cabang Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 2(2), 254918.

Saydam, G. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gunung Agung.

Sedarmayanti. (2014). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Jakarta: Mandar Maju.

Siregar, S. (2015). Statistika Terapan untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Tjiptono, F. (2011). Service Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.

Yani, M. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Zulian, Y. (2010). Manajemen Kualitas Produk & Jasa (Edisi Pert). Yogyakarta: EKONISIA.




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v1i2.3106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418