Pengaruh Varian Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Teh Pucuk Harum Di Kota Langsa
Abstract
This study aims to determine the effect of product variants and brand image on purchasing decisions of Pucuk Harum Tea in Langsa City. This study used a sample of 96 respondents who are consumers of Pucuk Harum Tea in Langsa City. Methods of data analysis using multiple linear regression equations, t test, F test and test the coefficient of determination. The results of this study show Y = 12.518 + 0.584X1 + 0.332X2. The results of the t test stated that product variants had a significant effect on purchasing decisions and brand image had a significant effect on purchasing decisions for Pucuk Harum Tea in Langsa City. The results of the F test stated that product variants and brand image had a significant effect on purchasing decisions for Pucuk Harum Tea in Langsa City. The results of the coefficient of determination test (Adjusted R2) obtained a value of 0.351 or 35.1% product variants and brand image can explain the purchase decision variable while the remaining 64.9% is influenced by other variables such as: cultural, social, personal, psychological factors and marketing mix .
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Thamrin, dan Tantri, Francis, 2012, Manajemen Pemasaran, Rajawali Pers, Jakarta.
Afida, Ella Hailil, 2018, Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Citra Hand And Body Lotion, Skripsi, Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember, Jember.
Aker, A.D, 2014, Manajemen Ekuitas Merek, Mitra Utama, Jakarta.
Arifin, Johar, 2017, SPSS 24 Untuk Penelitian dan Skripsi, Elex Media Komput indo, Jakarta.
Arikunto, Suharsimi, 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.
Astria, Rima, 2021, Pengaruh Faktor Sosial, Pribadi dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Emina di Kota Langsa, Skripsi, Universitas Samudra, Langsa.
Aziz, U, 2012, Teknik Pemasaran Modern, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Ferrinadewi, Erna, 2016, Merek & Psikologis Konsumen : Implikasi pada Strategi Pemasaran, Graha Ilmu, Yogyakarta
Ilmi, Sofia, Pawenang, Supawi, Marwati, Fithri Setya, 2020, Pengaruh Choi Siwon Sebagai Brand Ambassado, Brand Image (Citra Merek) dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Mie Korean Spicy Chicken, Jurnal Edunomika, Vol. 04, No; 01.
Irawan, Andi Muhammad, 2019, Pengaruh Faktor Psikologis, Pribadi, Sosial dan Budaya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online (Studi Kasus Pada Konsumen PT. Lazada Indonesia di Kota Makassar), Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, Vol. 1, No; 2.
Keller, K.L, 2015, Branding and Brand Equity (terjemahan), Ed ke-9, Erlangga, Jakarta.
Kotler, P, 2015, Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Ed ke-15, Jilid ke-2, Erlangga, Jakarta.
Kotler, P, dan G, Amstrong, 2012, Prinsip-Prinsip Pemasaran Ed ke-13, Erlangga, Jakarta.
Kotler, Phlip, dan Keller, Kevin Lane, 2012, Manajemen Pemasaran, Erlangga, Jakarta.
Kotler, Phlip, dan Keller, Kevin Lane, 2012, Manajemen Pemasaran, Erlangga, Jakarta.
Kuncoro, Mudrajad, 2009, Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi, Ed ke-3, Erlangga, Jakarta.
Nitisusastro, Mulyadi, 2012, Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan, Alfabeta, Bandung.
Njoto, Tommy Kurniawan, 2016, Pengaruh Desain Kemasan, Cita Rasa dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Bumi Anugerah, Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, Vol. 1, No; 4.
Nurrahman, Indra, 2016, Pengaruh Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada pembeli smartphone Nokia series X di Bandung), Jurnal Of Business Management and Enterpreneurship Education, Vol. 1, No; 1.
Nuryanti, B. Lena, 2008, Pengaruh Variasi dan Kemasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Teh Kotak Ultrajaya (Survei pada Mahasiswa FPIPS Universitas Pendidikan Indonesia), Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, Vol. 7, No; 14.
Pradwika, Disa Fitri, dan Hadi, Sudharto P, 2018, Pengaruh Promosi Kreatif dan Variasi Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen E-commerce Zalora.co.id (Studi Kasus pada Konsumen di Kota Jakarta), Diponegoro Journal Of Social And Politic, Vol. 05, No; 01.
Sangadji, Etta Mamang, dan Sophia, 2013, Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis, Andi,Yogyakarta.
Sari, R, 2013, Manajerial Restoran di Era Modern, Andi, Yogyakarta.
Sekuler, R, 2014, Good Taste For Repurchase Intention, Mc Graw Hill, Boston.
Sugiyono, 2017, Statistika Untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung.
Sugiyono,, 2010, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D, Alfabeta, Bandung.
Sugiyono,2012, Metode Penelitian Bisnis, Ed ke-16, Bandung, Alfabeta.
Tjipto, F, 2015, Strategi Pemasaran, Ed ke-3, Andi Offset, Yogyakarta.
Widodo, 2017, Metodologi Penelitian Populer & Praktis, Rajawali Pers, Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v2i3.3711
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.
Â
Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL:Â https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI:Â 10.36987/jumsi
E-ISSN:Â 2774-4221
Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418