Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Trust Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Mie Instan Indomie Di Kota Langsa

Nur Fitriya, Dewi Rosa Indah, Safrizal Safrizal, Safrizal Safrizal

Abstract


This study aims to determine1 the effect of brand awareness and brand trust on purchasing decisions of Indomie instant noodle products in Langsa City. The sample in this study amounted to 96 respondents. The data analysis method used multiple linear regression analysis with the regression equation, namely Y = 5.199 + 0.150X1 + 0.751X2 + 0.310X3. From the t test, it is known that brand awareness and brand trust partially have a significant effect on purchasing decisions for Indomie instant noodle products in Langsa City. From the F test, it is known that brand awareness and brand trust simultaneously have a significant effect on purchasing decisions for Indomie instant noodle products in Langsa City. Brand awareness and brand trust affect the purchase decision of Indomie instant noodle products in Langsa City by 58.6%, while the remaining 41.4% is influenced by other variables outside this research model.


Full Text:

PDF

References


Adelia, Renata, 2019, Komunikasi Interaktif Food Blogger pada Media Sosial Instagram, Prologia, Vol 3, No 1;209-216.

Alma, Buchari,2016,ManajemenPemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta,Bandung.

Arikunto, Suharsimi, 2013, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.

Chandra, Rini, 2018, Pengaruh Kesadaran Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Keputusan Pembelian Magnum Bule di Kota Langsa, Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi, Vol 2, No 1;40-49.

Deodata, Anastasia Viona Pora, 2019, Pengaruh Brand Awareness, Brand Trust dan Food Blogger terhadap Keputusan Pembelian Fast Food Kentucky Fried Chicken (KFC) Cabang Taman Mini, Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 3, No 2; 1-15.

Durianto, Darmadi, 2013, Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek, Erlangga, Jakarta.

Fellicia, Grasella, 2017, Efektivitas Postingan Food Blogger makanterusss dan spiceupyourpalette Dalam Memberikan Informasi Mengenai Makanan dan Tempat Makan yang Sedang Populer, Journal Untar, Vol 1, No 2;1-15.

Ferrinadewi, Erna, 2012, Merek dan Psikologi Konsumen, Graha Ilmu, Jakarta.

Ghozali, Imam, 2012, Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS, Badan Penerbit UNDIP, Semarang.

Hanifati, A. N, 2015, The Impact of Food Blogger toward Consumer's Attitude and Behavior in Choosing Restaurant, Internasional Journal of Humanities and Management Sciences (IJHMS), Vol 3, No 3; 1-21.

Junia, Yusi Intan, 2021, Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Pocari Sweat di Jakarta, Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, Vol 5, No 4;360-363.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane,2012,Manajemen Pemasaran, Erlangga, Jakarta.

Kriyantono, Rachmat, 2014, Teknik Praktis Riset Komunikasi, Kencana, Jakarta.

Noor, Juliansyah, 2012,Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah,Kencana, Jakarta.

Philip, L, 2016, Impact of Food Blogs on The Readers,Imperial Journal of Interdisciplinary Research (IJIR), Vol 2, No 6; 2454-1362.

Rangkuti, F, 2014, Manajemen Strategi, Salemba Empat, Jakarta.

Sangadji, E.M., dan Sopiah, 2013, Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis. Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian, Andi, Yogyakarta.

Saputro, Adi, 2016,Manajemen Pemasaran Analisis Untuk Perancangan Strategi Pemasaran, Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, Yogyakarta.

Sari, Syahriah, 2021, Analisis Brand Awareness dan Pengaruhnya terhadap Buying Decision Mobil Toyota Calya di Makassar, Jurnal of Business Administration, Vol 1, No1; 37-48.

Schiffman, Leon G dan Kanuk, Leslie L, 2012, Perilaku Konsumen, Indeks, Jakarta.

Sugiarto, 2014, Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sugiyono, 2012,Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Metohods), Alfabeta, Bandung.

Sunyoto, Danang, 2010,Uji Khi Kuadrat & Regresi untuk Penelitian, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sunyoto, Danang, 2012, Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen, CAPS, Yogyakarta.

Syahbani, M. Fariz, 2017, Food Blogger Instagram: Promotion Through Social Media, Jurnal Ecodemica, Vol 1, No 1;46-58.

Tjiptono, Fandy, 2014, Strategi Bisnis Pemasaran,Andi, Yogyakarta.

Wardani, Endah Kusuma, 2021, Pengaruh Konten Food Blogger dan Peran Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian pada Usaha Kuliner (Studi pada Warung Makan Mbok Cimplek Jatipuro, Skripsi, Univesitas Muhammadiyah Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v2i4.3756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418