Inovasi Digitalisasi Promosi Produk Usaha Masyarakat Berbasis Website Di Medan Denai (PT. Medania Raya Sejahtera)

Nurul Hidayah, Nurbaiti Nurbaiti, Nuri Aslami

Abstract


This study aims to analyze the innovation of digital promotion on public business products by using the website of the company PT. Medania Raya Sejahtera. This study is a field study using a qualitative approach; primary and secondary data sources are used, and data collection procedures include interviews, observations, and documentation. The subject in this study is an informant trader company employees PT. Medania Raya Sejahtera. The focus of this study is how to innovate the promotion of community business products by digital means using the website in the company of PT. Medania Raya Sejahtera. The results of this study indicate that in conducting marketing activities, the company PT. Medania Raya Sejahtera has been using the web to improve the effectiveness of marketing activities, especially promotions. With the existence of the web has expanded the company's marketing, because the company's products are better known in various regions, even abroad.


Full Text:

PDF

References


Andriyani dkk. (2021). Promosi Produk di Era Digitalisasi Terhadap Minat Masyarakat Berumah Pada Biro Hajar Aswad Mubaraq Bureau In Surakarta. Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 12(1).

Anggraini, A., & Aslami, N. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran PT Allianz Life Indonesia Dalam Pengambilan Keputusan Nasabah. Jurnal VISA, 1(2).

Arikunto, S. (2006). Pengertian Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Batubara, C., & Isnaini, H. (2022). Halal Industry Development Strategies Muslim’s Responses and Sharia Compliance In Indonesia. Journal Of Indonesian Islam, 16(1).

Bungin, B. (2007). Metode Penelitian Sosial dan Ekonomi. Jakarta: Rineka Cipta.

Choirina, H., & Reinold, A. (2021). Digitalisasi Produk Unggulan Desa Sukamaju Pekanbaru Berbasis Qr Code dan Facebook Marketplace. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1).

Duan. R. R. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Mio Pada PT. Hasjrat Abadi Tobelo. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1).

Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. Jurnal Wawasan Manajemen, 7(1).

Fandini, P. dkk. (2018). Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Behavioral Contract dalam Menumbuhkan Karakter Disiplin Siswa di SMA PGRI Banjarmasin Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 4(1).

Febriyanto, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2).

Ferdiansyah, M., &Hidayat, S. (2020). Membangun Aplikasi Pemasaran Produk Untuk Meningkatkan Potensi Daerah Pada Kecamatan Negerikaton Kabupaten Pesawaran. Jurnal Online Mahasiswa Sistem Informasi dan Akuntansi, 4(1).

Fuadi dkk. (2021). Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1).

Ginting, M. B., & Aslami, N. (2021). Pentingnya Menjalankan Etika Dalam Bisnis. Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi, 2(2).

Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2).

Halin, H. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Semen Baturaja di Palembang Pada PT Semen Baturaja (PERSERO) Tbk, Jurnal Ecoment Global, 3(2).

Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.

Hartini, S. dkk. (2022). Digital Marketing Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam, 5(1).

https://hes.unida.gontor.ac.id/pemasaran-syariah-pada-zaman-nabi-muhammad-saw/diakses pada 22 Juli 2022 jam 07:14

https://www.kompasiana.com/oedajanasoetjitra/55006b8ea33312370510e53/potensial-produk-dan-pemasaran diakses pada 01 September 2022 jam 12:00.

Imsar dkk. (2019). Buku Ajar: Ekonomi Mikro Islam. Medan.

Imsar. (2020). Strategi Home Industri Konveksi Dalam Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga Masyarakat Kota Binjai (Studi Kasus Abu Bakar Konveksi Mencirim Binjai Timur). Jurnal Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 1(2).

Indrasari dkk. (2021). Penerapan Teknologi Inovasi Produk Berbahan Dasar Bambu di Uat Tusuk Sate dan Dikembangkan Menjadi Besek di Desa Tinalan Kediri Tahun 2019. Jurnal of Community Enggagement and Empowerment, 3(1).

Isma, P., dkk. (2021). Dampak Penjualan Pakaian Bekas Terhadap Tingkat Pendapatan Pedagang di Pasar Sambu Kota Medan Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Islam, 7 (1).

Kajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. CV Budi Utama.

Kumorojati, G. S. (2021). Skripsi: “Digitalisasi Proses Bisnis Penjualan Studi Kasus PT Limas Indra Group. Yogyakarta.

Lestari, P., & Saifuddin, M. (2020). Implementasi Strategi Promosi Produk Dalam Proses Keputusan Pembelian Melalui Digital Marketing Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen dan Inovasi, 3(2).

Lestari, W. (2019). Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Usaha Percetakan Pada CV. Tinta Kaili Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam, 1(1).

Lexy J. M. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya, 50336-1071.

Mekarisce A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahaan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyaraka., Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 12(3).

Murti, D. C. W. (2022). Peningkatan Digitalisasi Pariwisata di Wilayah Desa Purwoharjo, Kulon Progo. Jurnal Atma Inovasida, 2(1).

Nagri, E. P. (2021). Peran Digital Ekonomi dalam Perspektif Islam. Jurnal of Practice Learning and Educational Development, 1(4).

Nasuka, M. (2020). Konsep Marketing Mix dalam Perspektif Islam: Suatu Pendekatan Maksimalisasi Nilai. Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam. 5(1).

Nasution, A. H., & Kartajaya, H. (2018). Inovasi. Yogyakarta: ANDI.

Nurbaiti, dkk. (2021). Revolusi industry 4.0 : Peran Teknologi Dalam Eksistensi Pengasaan Bisnis dan Implementasinya. Jurnal JPSB, 9(2).

Nurkamid, M. dkk. (2021). Pemasaran Produk Komunitas UMKM Pati (KUPAT) Berbasis E-Marketing dalam Rangka Mengangkat Potensi Produk Lokal/Daerah Kabupaten Pati. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 12(4).

Putra, G. L. A. K., & Yasa, G. P. P. A. (2019). Komik Sebagai Sarana Komunikasi Promosi Dalam Media Sosial Jurnal Nawala Visual, 1(1).

Putri dkk. (2022). Analisis Iklan Instant Messaging Terhadap Promosi Tumblr Day Pada Official Account Line Starbucks Indonesia Perspektif Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1).

Rahmani, N. A. B. (2016). Metode Penelitian Ekonomi. Medan: FEBI UINSU Press.

Raza dkk. (2020). Manfaat dan Dampak Digitalisasi Logistik di Era Industri 4.0. Jurnal Logistik Indonesia, 4(1).

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. UIN Antari Banjarmasin.

Sepfiani, P., & Aslami, N. (2022). Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Perubahan Perilaku Konsumen Pada Keputusan Pembeli Secara Online (Studi Kasus: Masyarakat Kota Medan Penggunaan Layanan Shopee). Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen, 2(1).

Siyoto, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Media Publishing.

Sudiarti, S. (2018). Fiqh Muamalah Kontemporer. Medan: FEBI UIN-SU Press.

Taufiq. (2018). Memakan Harta Secara Batil (Perspektif Surat An-Nisa: 29 dan At-Taubah: 34. Jurnal Ilmiah Syari’ah, 17(2).

Tesnawati, Y., & Prasetyo, K. (2018). Pemetaan Konten Promosi Digital Bisnis Kuliner kika’s Catering di Media Sosial. Jurnal Profesi Humas, 3(1).

Wekke, I. S. (2019). Metode Penelitian Ekonomi Syariah. Yogyakarta: Adikarya Mandiri.

Winardi, J. (2003). Entrepreneur dan Entrepreneurship. Depok: KENCANA.

Yulianti dkk. (2021). Pengembangan Digitalisasi Perawatan Kesehatan Pada Klinik Pratama Sumber Mitra Bandar Lampung. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 2(2).




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v3i1.3963

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418