Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Bumbu UD. Nurhalimah Pasar Ujung Batu Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara Dalam Kajian Ekonomi Islam

Nazla Daulay, Sri Ramadhani, Nuri Aslami

Abstract


This study aims to analyze marketing strategies to increase sales Volume of UD Nurhalimah Ujung Batu market, Sosa District, Padang Lawas regency, North Sumatra in Islamic Economic Studies with SWOT analysis . This research is a field study using qualitative descriptive methods; primary and secondary data sources are used, and data collection procedures include interviews, observations, and documentation. Subjects in this study are owners ,employees, consumers and society. The focus of this study is how the application of marketing strategy management to increase sales volume at UD Nurhalimah with SWOT analysis the results of this study indicate that implementing a marketing mix strategy or often referred to as the marketing mix, namely: Product Marketing Strategy, price Marketing Strategy, place marketing strategy, promotional marketing strategy. Sourced from the SWOT analysis of UD Nurhalimah seasoning shows that it is located in an aggressive or growing position in the strategy (SO). Where in this position has a solid position and describes the external opportunities that exist and avoid the influence of negative potential threats.


Full Text:

PDF

References


Amir, M. Taufiq. 2005. Dinamika Pemasaran Jelajahi Dan Rasakan. 1st ed. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dr. Dedi Purwana Drs. Nurdin Hidayat. 2016. Studi Kelayakan Bisnis. 3rd ed. Depok: Rajawali Pers.

freddy Rangkuti. 2006. “Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis.†In Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 19.

Imsar, Marliyah, and Faisal Hamdani Harahap. 2021. “Strategi Pemasaran Warung Kopi Di Kota Medan Dengan Game Theory.†Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam 8(3): 20–32.

Ismayana dalam Kamelia. 2006. “Sales Volume Dan Markting.†In , 38.

Isnaini Harahap dkk. 2022. “Industri Kreatif UMKM (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Di Kota Medan Dalam Perspektif Ekonomi Islam.†Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 8(02): 4.

Lestari, Arini, and Nuri Aslami. 2022. “Strategi Pemasaran Produk Asuransi Syariah.†Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam 21(2): 80–89.

Lexy J. Moleong. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

M.Dr. Rendi Panuju. 2019. Komunikasi Pemasaran Pemasaran Sebagai Gejala Komunikasi Komunikasi Sebagai Strategi Pemasaran. Jakarta: kencana.

Putong, Iskandar. 2003. “Teknik Pemanfaatan Analisis SWOT Tanpa Skala Industri (A-SWOT-TSI).†Jurnal Ekonomi & Bisnis 2(8): 65–71. http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/491/1/PUTONG_65-71.pdf.

Sari Fitri, M. E. 2022. Buku Ajaran Pengantar Manajemen Bisnis Syariah. 1st ed. ed. MA Dr. Marlina. Jawa Barat.

Sasangka, Indra. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan Pada Mini Market Minamart’90 Bandung.†Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA) 2(1): 129–54.

Tamamudin. 2014. “Refleksi Teori Pemasaran... (Tamamudin).†Jurnal Hukum Islam (JHI) Volume 12, Nomor 2, Desember, 2014 http://e-journal.stain-pekalongan.ac.id/index.php/jhi 12: 273–85.

Tamara, Angelica. 2016. “Implementasi Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Produk Mandiri Tabungan Bisnis.†Jurnal Riset dan Manajemen 4(3): 395–406.

Wibowo, Dimas Hendika, Zainul Arifin, and Sunarti. 2015. “Analisis Strategi UMKM (Studi Pada Batik Diajeng Solo).†Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 29(1): 59–66.




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v3i1.3964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418