Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Menggunakan Pembiayaan Murabahah Di BMT Anugrah Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang

M. Yusuf Hasibuan, Tri Inda Fadhila Rahma, Reni Ria Armayani Hasibuan

Abstract


This study aims to determine the effect of Service, location and promotion of customer interest using murabahah financing at BMT Anugrah Batang kuis. This type of research is a qualitative research with the source data used is primary data. Samples were selected using the slovin formula, the number of samples in this study was 40 respondents using data processing and analysis techniques, multiple linear regression analysis, classical assumption Test and hypothesis test. The Program used for calculations using SPSS version 25 and then the results of the SPSS is interpreted. Partially Service significantly positive effect on customer interest in using murabahah financing in bmt anugrah Batang kuis district deli serdang. This is evidenced by the value of sinifikansi 0,001 < 0,05 and the value of thitung 2,432 > ttable 1,68830, partially location significant positive effect on customer interest in using murabahah financing in bmt anugrah Batang kuis district deli serdang. This is evidenced by the value of sinifikansi 0,000 < 0,05 and the value of thitung 2,112 > ttable 1,68830. Partially, the promotion has a significant positive effect on customer interest in using murabahah financing in bmt anugrah batang kuis district deli serdang regency. This is evidenced by the value of sinifikansi 0.000 < 0.05 and the value of thitung 1.900 > ttable 1.68830. Simultaneously service, location and Promotionsignificant influence on customer interest in using murabahah financing in bmt anugrah batang kuis district deli serdang. This is evidenced by the significance value of 0.001 < 0.05 and the value of F count 5.265 > F Table 2.860.


Full Text:

PDF

References


Afrida, Yenti. 2007. “Analisis Pembiayaan Murabahah Di Perbankan Syariah.†Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam 1 (2): 3.

Alimusa, La Ode. 2020. “Manajemen Perbakan Syariah Suatu Kajian Ideologis Dan Teoritis.†Yogyakarta.

Alma, Bukhori. 2002. Manajemen Dan Pemasaran Jasa. bandung: Alfhabetha.

Antonio, Muhammad Syafu’i. 2001. “Muhammad Syafu’i Antonio,Bank Syariah Dari Teori Ke Praktik.†In Gema Insani Press, 102. Jakarta.

Anwar, Dessy. 2001. “No TitlePadangsidimpuan, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Pembiayaan Murabahah Di PT.Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Oloan Ummah Sedimpuan Kota.†IAIN.

Aritejo, Triwibowo Soedjas dan Bayu Aji. 2006. Merebut Dan Mempertahankan Pelanggan. Yogyakarta.

Ascarya. 2011. Akad Dan Produk Bank Syariah. Jakarta: Rajawali Pers.

Bachmid, Sofyan. 2018. “Konsep Kualitas Layanan Dan Implikasinya Terhadap Kepuasan Mahasiswa.†04 September 2018. 2018.

Dani, Irwin. 1999. Bagaimana Memperbaiki Pemasaran Usaha Anda. Jakarta: Freidrch Ebert Stiftung.

Dewi, Nourma. 2017. “Regulasi Keberadaan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Dalam Sistem Perekonomian Di Indonesia.†Jurnal Serambi Hukum, h.97.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan,. Jakarta : Bumi Aksara.

E. Jeremo Mc. Carthy dan Wlliam D. Perreault. 1996. Marketing. Jakarta: Erlangga.

Farid, Muhammad. 2013. “Murabahah Dalam Perspektif Fikih Empat Mazhab.†Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman 8 (1).

Ferdinand. 2002. Structural Equation Modelling Dalam Penelitian Manajemen.

Haryoso, Lukman. 2013. “Prinsip Pembiayaan Syariah (Murabahah) Pada BMT Bina Usaha Di Kabupaten Semarang.†Jurnal Law and Justice 2 (1): 81.

Hasibuan, Reni Ria Armayani, Yola Kaspia. 2022. “Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Pada Pembiayaan Murabahah Di Bank Aceh Syariah Cabang Kutacane.†Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Nasabah 2 no 2 (2777–0052): 622–27.

Hikmatusa’diyah. 2019. “MINAT NASABAH TERHADAP PEMBIAYAAN MURABAHAH UNTUK KENDARAAN BERMOTOR Di PT. BANK BNI SYARIAH KANTOR CABANG FATMAWATI.†MUHAMMADIYAH JAKARTA.

Ismail, Muhammad. 2015. “Pembiayaan Murabahah Dalam Perspektif Islam.†Jurnal Pendidikan Dan Pranata 10 (2): 158.

Kasmir. 2013. “Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya.†In PT.Raja Grafindo Persa, 88. Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kusmiyati, Asmi Nur Siwi. 2007. “Risiko Pembiayaan Dalam Pembiayaan Murabahah Pada BMT Di Yogyakarta.†(Dari Teori Ke Terapan)â€,Jurnal Ekonomi Islam 1 (1): 8.

Mahrani. 2014. “Fakto-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Pembiyaan Murabahah Di PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) OLOAN UMMAH SIDEMPUAN Kota Padang Sidempuan.†Iain Padang Sidempuan.

Mardani. n.d. Op-Cit. Op-Cit.

Marina, Edy, Sunarti. 2016. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian.†Jurnal Administrasi Bisnis. 37 (1): 182.

Nasution, M. N. 2010. Manajemen Mutu Terpadu. Bogor:Ghalia Indonesia.

Nopita, P. 2021. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembatalan Pembiayaan Murabahah Pada BMT Anugrah Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang†1: 1–13. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15878.

Panglaikim. T. Pamitra, Martani Husaeni dan P Murlita Witarsa. 1987. Marketing. Jakarta: Karunika, UT.

Rahma, Tri Inda Fhadila. 2019. “Perbankan Syariah I.†Buku Diktat, 100–117.

Rizal Yaya, Dkk. 2009. Akuntansi Perbankan Syariah Teori Dan Praktek Kontemporer. Jakarta: Salemba Empat.

Rohmah, Arum Fitriana. 2018. “PENYELESAIAN PEMBIAYAAN MURABAHAH BERMASALAH DI BANK SYARIAH,†43–55.

Saeed, Abdullah. 2004. Menyoal Bank Syariah. Jakarta:Pariaman.

Saladin, Djaslim. 1996. Unsur-Unsur Inti Pemasaran Dan Manajemen Pemasaran Ringkasan Praktis. Bandung : Mandar Maju.

Sciences, Health. 2016. “Minat Menjadi Nasabah†4 (1): 1–23.

Septiani, Astri Arumdhani dan Rini. 2010. “Pengaruh Pembiayaan Murabahah Dan Tingkat Suku Bunga BI Terhadap Pendapataan Margin Murabahah Pada PT Bank Syariah Mandiri.†Jurnal Riset Akuntasi 4 (1): 26.

Setiawan, Rizqa Ramadhani Tyas dan Ari. 2012. “Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung Di BMT Sumber Mulia Tuntang.†Jurnal Muqtasid No.2, h.279.

Setyawan, Anton A. dan Ihwan Susila. 2004. “Pengaruh Service Quality Perception Terhadap Purcase Intention, Usahawan, No.7 Tahun XXXIII.â€

Soemitra, Andri. 2009. Bank Dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana.

Sudirman. 2001. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sunarto. 2019. “Kedudukan Otoritas Jasa Keuangan Dalam Pengawasan Baitul Maal Wat Tamwil.†Jurnal USM Law Review, h.94-95.

Swasta, Basu. 1998. Azas-Azas Marketing. Yogyakarta: Erlangga.

Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Tjiptono, Fandy, Andi. 2004. Prinsi-Prinsip Total Quality Service. Yogyakarta.

Waworuntu, Bob. 2005. “Nasabah Dalam Sebuah Perspektif Bank.†In Gramedia, 35. Jakarta.

ZUNAINI, ANINDYA. 2019. “Pengaruh Tingkat Margin Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Pada Pembiayaan Murabahah Tahun 2016-2018: Studi Kasus PT. BPRS Suriyah Cabang …†2018. http://eprints.walisongo.ac.id/10122/.




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v3i1.3967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418