Pengaruh Gerakan Nasional Non Tunai, Social Influence, Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Menggunakan Digital Payment Dalam Konsep Maslahah (Studi Kasus : Kota Kisaran)

Anggi Kartika, Nurbaiti Nurbaiti, Nuri Aslami

Abstract


This study aims to determine the influence of the National Non-Cash Movement, Social Influence and Perceived Ease of Use on Interests in Using Digital Payments in the Concept of Maslahah in Kisaran City Communities, both partially and simultaneously. This research uses quantitative research methods. The population in this study is the people of Kota Kisaran. The sampling technique used was non-probability sampling, namely purposive sampling with a total sample of 100 respondents. Data collection techniques using a questionnaire. The primary data obtained was analyzed through the IBM SPSS statistics 25 program. The results showed that first, the National Non-Cash Movement had a positive and significant effect on Digital Payments for the Kisaran City Community with a significant value of 0.006 <0.05. Second, Social Influence has a positive and significant effect on Digital Payments for Kisaran City Communities with a significant value of 0.000 <0.05. The three Perceived Ease of Use have a positive and significant effect on Digital Payments in Kisaran City Communities with a significant value of 0.000 <0.05. Fourth, simultaneously the Non-Cash National Movement, Social Influence and Perception of Ease of Use have a positive and significant effect on Digital Payment with a significant value of 0.000 <0.05.


Full Text:

PDF

References


Abiba, R. W., & Indrarini, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Uang Elektronik (E-Money) Berbasis Server Sebagai Alat Transaksi terhadap Penciptaan Gerakan Less Cash Society Pada Generasi Milenial di Surabaya. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4(1), 196–206.

Dr. Riduwan, M. B. . (2009). Pengantar Statistik Sosial.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25.

Handayani, M., & Rianto, M. R. (2021). Pengaruh Financial Knowledge , Pendapatan dan Social influence terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Pembayaran Digital pada Generasi Milenial Islam di Kota Bekasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(03), 1858–1865.

Houston, D. D. (2020). Adopsi Penerimaan Digital Payment Pada Kalangan Milenial. Medium, 7(2), 55–67.

Imsar, N. A. A. dan. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Norma Subjektif, Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa UINSU Medan Penggunaan Electronic Money Dengan Pengendalian Diri Sebagai Moderasi. Jurnal Darmaagung, 30.

Musdalifah, S. (2018). Program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) Bank Indonesia Ditinjau Dari Ekonomi Islam. IAIN Palangkaraya.

Nuri Aslami, SE.I, M. S. (2019). Pengaruh Job Insecurity Terhadap Kinerja Karyawan Outsourcing Business Support Melalui Motivasi Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Telekomunikasi Seluler Cabang Medan. Jurnal Ilmiah “Jumansi Stindo,â€1(2).

Nurlaila, Nurbaiti, & Ilhamy, M. L. (2021). Laporan Penelitian Pengaruh Jam Berdagang, Jenis Dagangan, dan Lokasi Berdagang Terhadap Pendapatan Pedagang Tradisional Di Indonesia.

Pramudana, K. A. S., & Santika, I. W. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Persepsi Harga dan Pemasaran Internet Terhadap Pemesanan Ulang Online Hotel di Bali. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 10, 2247.

Riska. (2019). Pengaruh Digital Payment Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Febi IAIN Parepare. IAIN Parepare.

Rodiah, S. R., & Melati, I. S. (2020). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Risiko, dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan E-wallet pada Generasi Milenial Kota Semarang. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 1(2), 66.

Rosmaini Tanjung, H. (2019). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 1–15.

Saputra, I. P. (2019). Analisis Efektivitas Penggunaan Digital Payment Pada Mahasiswa Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya. Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya Bandar Lampung.

Suryana. (2017). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 17, 43.




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v3i1.3974

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418