Pengaruh Pelayanan Dan Keunggulan Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat Balaikota Medan

Fitri Fitri

Abstract


The background of the research in this thesis is that besides implementing the best service, bank Muamalat Balaikota Medan always strives to provide quality and superior products compared to products owned by other banks as competitors. Product excellence was created by Bank Muamalat, the Medan City Hall. Quality of service and quality of product excellence for customers can affect customer satisfaction. In the long term, customer satisfaction can be the main goal for marketing strategy planners in banking. The data used in this research is primary data obtained from the results of a questionnaire that has been filled out by the customers of the Mumala City Hall Medan Bank who are the research samples. In this research I used the data normality test with multiple regression tests and hypothesis testing. From the results of multiple regression analysis, it can be concluded that service variables affect customer satisfaction at Muamalat Medan City Hall with a significance level of 0.001, then product excellence variables affect customer satisfaction at Medan City Hall with a significance level of 0.11. Meanwhile, from the F test, it turns out that the service factor is a factor that has more influence on customer satisfaction at Bank Muamalat Balai Kota Medan than product excellence.

Full Text:

PDF

References


AK, M. F., & Agus, R. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Sebagai Penentu Kepuasan Nasabah Pt Bank Muamalat Indonesia, Tbk Kcu Medan Sudirman. Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal, 1, 1–10. http://ojs.polmed.ac.id/index.php/Bilal/article/view/187

Anderson, E.W.; Fornell, C. . L. (1994). Customer satisfaction, market share.pdf. In Journal of Marketing (Vol. 58, Issue 3, pp. 53–66).

Aprilia Putri Ningtias, A. D. D. (2020). Permasalahan dan Solusi Pengembangan Perbankan Syariah di Kota Madiun. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 8(2), 140. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v8i2.7113

Batinggi, A., & Ahmad, B. (2014). Pengertian pelayanna Umum dan Sistem Manajemen. Modul 1, 1–32. http://repository.ut.ac.id/4256/1/IPEM4429-M1.pdf

Dwi Wahyuni, C. R. (2017). Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Di Mediasi Oleh Kepuasan Di Bank Muamalat Jombang. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 69–82. https://doi.org/10.26533/eksis.v12i1.84

Dwiyanti, E. A., & Azizah, S. N. (2018). Analisis Pengaruh Customer Focused Service terhadap Minat Nasabah pada Produk Berjangka (Deposito, Tabungan Prima Berhadiah Dan Tabungan Rencana Berhadiah) di Bank Muamalat Indonesia KCU Pondok Indah. Dinamika, 3(1), 97–140.

Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17. https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.173

Marimin, A., & Romdhoni, A. H. (2017). Perkembangan Bank Syariah Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 1(02), 75–87. https://doi.org/10.29040/jiei.v1i02.30

Oktaviani Satriyanti, E. (2012). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan Nasabah Dan Citra Bank Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat Di Surabaya. Journal of Business and Banking, 2(2), 171. https://doi.org/10.14414/jbb.v2i2.172

P, O. V., Widiastuti, T., & Suhaji. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Nasabah PT. Asuransi Sequis Life Semarang). Jurnal Ilmiah Aset, 23(1), 53–62.

Sihombing, L. A., & Nuraeni, Y. (2019). Tindak Pidana Perbankan Berdasarkan Undang-undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan. Jurnal Hukum Positum, 4(2), 1. https://doi.org/10.35706/positum.v4i2.3179

Sriwidodo, U. (2010). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 10(2), 164–173.

Ummah, F. K., & Suprapto, E. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Profitabilitas Pada Bank Muamalat Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3(2), 1–24. https://doi.org/10.46899/jeps.v3i2.159

Wibowo, S. E., Ruswanti, E., Januarko, U., Ekonomi, F., Unggul, U. E., & Jeruk, K. (2013). Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Pembelian Ulang Pada Toko Buku Gramedia Yogyakarta. Jurnal Ekonomi, 56–64.

Woran Nita, Tumbel Altje, R. P. Van. (2016). Pengaruh Customer Relationship Marketing, Nilai, Keunggulan Produk dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah (Studi pada Bank Mega Jl. Piere Tendean Mega Mall Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Vol 16, No(01), 771–782.




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v3i2.4032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418