Peran Financial Technology Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pada Bank Muamalat Balaikota Medan
Abstract
This study aims to find out the role of fintech in improving service quality and what are the obstacles to implementing fintech in improving service quality at Bank Muamalat Balaikota Medan. The research method used in this researchis descriptive qualitative with data collection techniques carried out by observation, interviews and document studies. Data analysis techniques are carried out by fulfilling four stages, namely data collection, data reduction, data display and drawing conclusions. Based on the results of research and data analysis, it was concluded that first, the role of fintech is very important to improve service quality. Second, the obstacles faced in its implementation are infrastructure and human resources (HR).
Full Text:
PDFReferences
Brigette Lantaeda, S., Lengkong, F. D. J., & Ruru, J. M. (2002). Peran Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Dalam Penyusunan Rpjmd Kota Tomohon. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 04(048), 243.
Ernama Santi, Budiharto, & Saptono, H. (2017). Pengawasan Otoritas Jasa Keuangan Terhadap Financial Technology ( Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/Pojk.01/2016). Diponegoro Law Journal, 6(3), 1–20.
Fajria, R. N. (2019). Potensi Sinergitas Fintech Dengan Bank Syariah Dalam Meningkatkan Kinerja Perbankan Syariah Di Indonesia. MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance, 3(2), 174–181. https://doi.org/10.21043/MALIA.V3I2.8450
Imelda, T., & Mahmudah, N. (n.d.). finansia: Jurnal Akuntansi dan Perbankan Syariah Analisis Strategi Pemasaran Bank Syari’ah Berbasis Digital Fintech Terhadap Pelayanan Nasabah. 4(2). https://doi.org/10.32332/finansia.v4.i2.3061
Imelda, T., Mahmudah, N., & Liberty, L. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Bank Syari’ah Berbasis Digital Fintech terhadap Pelayanan Nasabah Bank Muamalat KCP Metro. finansia : Jurnal Akuntansi Dan Perbankan Syariah, 4(2), 131–154. https://doi.org/10.32332/FINANSIA.V4I2.3061
Imhar, & Umirahmah, I. (2022). Pengaruh teknologi finansial (fintech) terhadap strategi perbankan pada pt. Bank central asia (BCA). Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Bisnis, 1(1), 58–62. https://doi.org/10.55606/JUPSIM.V1I1.239
Karmeli, E., Fitriyani, I., & Febrianti, R. (2021). Peran Fintech Dalam Meningkatkan Keuangan Inklusif Pada Umkm Di Kabupaten Sumbawa. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 9(3), 219–226. https://doi.org/10.58406/JEB.V9I3.506
Marginingsih, R. (2021). Financial Technology (Fintech) Dalam Inklusi Keuangan Nasional di Masa Pandemi Covid-19. Moneter - Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 8(1), 56–64. https://doi.org/10.31294/MONETER.V8I1.9903
Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Nofie, I. (2016). Financial Technology dan Lembaga Keuangan, Gathering Mitra Linkage Bank Syariah Mandiri. Gathering Mitra Linkage Bank Syariah Mandiri …, November. http://nofieiman.com/wp-content/images/financial-technology-lembaga-keuangan.pdf
Novan, M., Sumampouw, I., & Undap, G. (2018). Implementasi Pembangunan Infrastruktur Desa Dalam Penggunaan Dana Desa Tahun 2017 (Studi) Desa Ongkaw Ii Kecamatan Sinonsayang Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Eksekutif, 1(1), 1–11. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jurnaleksekutif/article/view/21950.
Nuranggraeni, I. (2020). Inovasi Financial Technology (Fintech) pada Asuransi Syariah (Studi kasus: PT Duta Danadyakasa Teknologi). JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 9(2), 94–103. https://doi.org/10.21927/JESI.2019.9(2).94-103
Qiblati, T. I. (2021). Fungsi dan Peranan Bank Syariah dan Lembaga Keuangan Non-Bank. Center for Open Science, 1–17. https://doi.org/10.31219/OSF.IO/32V68
Sanapiah, F. (1990). Penelitian Kualitatif: dasar-dasar dan aplikasi. Malang: YA3 Malang.
Sinambela, W. P. (2020). Peran Financial Technology Dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Generasi Milenial di Kota Medan. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(2), 31–48.
Tinggi, S., Ekonomi, I., Sibolga, A.-W., Wachyu, W., Winarto, A., & Pekalongan, I. (2020). Peran Fintech dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 3(1), 61–73. https://doi.org/10.36778/JESYA.V3I1.132
View of Peran Fintech Dalam Upaya Untuk Meningkatkan Literasi Keuangan Pada Masyarakat di Jakarta. (n.d.). Retrieved January 15, 2023, from https://ejournal.imperiuminstitute.org/index.php/AKURASI/article/view/240/151.
DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v3i1.4033
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.
Â
Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL:Â https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI:Â 10.36987/jumsi
E-ISSN:Â 2774-4221
Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418