Pengaruh Customer Value Dan Shariah Compliance Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Nasabah PT. Bank Sumut Unit Usaha Syariah)
Abstract
The purpose of the study was to determine the effect of customer value and shariah compliance on customer loyalty through satisfaction as an intervening variable on customers at Bank Sumut Syariah KCP Karya Medan. Research II quantitative wear. Bank customers become polluting in the study. This study used the technique of accidental sampling. The sample size was 40 respondents.Using primary data that is the spread of questionnaires directly. Using data analysis data quality test, classical assumption test, hypothesis test, F test (simultaneous) and path analysis test using SPSS version 23.0. The results of this study indicate that (i) customer value has a positive and significant effect on customer loyalty (ii) shariah compliance has a positive and significant effect on customer loyalty (iii) satisfaction has a positive and significant effect on customer loyalty (iv) customer value does not affect loyalty through customer satisfaction as an intervening variable (v) shariah compliance does not affect loyalty through customer satisfaction customer loyalty.
Full Text:
PDFReferences
Arifianti, Feby Dwi. Pengaruh Prinsip Kepatuhan Syariah, Komitmen Agama Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank BRI Syariah Di Surabaya. Surabaya: STIE Perbanas, 2016.
Arifin, Zainal. Dasar-dasar Manajemen Bank syariah. Tangerang: Aztera Publisher, 2009.
Armayani, Reni Ria, Wika Lutfia, dkk. “Analisis Pemahaman Generasi Muda Terhadap Bahaya Ribaâ€. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, Vol. 22 (2), 2021.
Bi Rahmani, Nur Ahmadi. Metodologi Penelitian Ekonomi. Medan: FEBI UIN-SU Press, 2016.
Budi, Sukardi. Kepatuhan Syariah (Shariah compliance) Dan Inovasi Produk Bank Syariah Di Indonesia. Surakarta:IAIN Surakarta, 2012.
Dharmayanti. “Analisis Dampak Service Performance dan Kepuasan Sebagai Moderating Variabel Loyalitas Nasabah.†Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 1 (1), 2006.
Febriana, Nina Indah. “Analisis Keunggulan Pelayanan Bank Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung.†Jurnal An Nisbah, Vol.03, No.1, 2016
Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM 21 Update PLS Regresi. Semarang : BP. Universitas Diponegoro, 2013.
Griffin, Jill. Customer Loyalty: Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan
Helmina Andriani Hardani et al., Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group, 2020.
Irawan, I.B. “Unsur-unsur Penelitian Survei†dalam Bagong Suyanto dan Sutinah (eds), Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Kencana, 2006.
Kamilah dan Anio Indah Lestari. “Peran Industri Lembaga Keuangan Mikro Syariah Dalam Mengatasi Masalah Kesenjangan Dan Distribusi Pendapatan Di Kota Medanâ€. Jurnal Human Falah, Vol. 6 (1), 2001.
Karim, Adi Warman dan Oni Sahroni. Gharar dan kaidah-kaidah Ekonomi syariah. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2015.
Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran Edisi Millenium Jilid 2. Jakarta: PT Prenhallindo, 2002.
Kotler, Philip. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Jakarta : Penerbit Erlangga, 2001.
Mowen, et. al. Perilaku Konsumen. Jakarta: Penerbit Erlangga jilid 1, 2002.
Mulison, Ali. Modul Pelatihan SPPS. Yogyakarta : Dikatat UNY, 2012.
Nasution, Muhammad Lathief Ilhamy Nasution. Manajemen Pembiayaan Bank Syariah. Medan : Febi Press, 2018.
Nisazizah, Berlian. Pengaruh Keunggulan Layanan, Customer value Dan Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Kepuasan Nasabah Serta Loyalitas Nasabah. Semarang: Universitas Diponegoro, 2018.
Oktaviani, Atika dan Lucky Rachmawati. “Persepsi Nasabah Tentang Kepatuhan Syariah Dan Good Corporate Governanve Terhadap Loyalitas Nasabah BNI Syariah Kantor Cabang Surabayaâ€. Jurnal Ekonomi Islam, Vol 2: (2), 2019.
Palilati, Alida. “Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Perbankan di Sulawesi Selatan.†Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.9, No.1, 2007.
Pratiwi, Dinar Ika. “Analisis Pengaruh Harapan Pelanggan, Keunggulan Produk, Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Internet Flash Unlimited Di Semarang.†Semarang: UNDIP Semarang, 2010.
Rahayu, Wigati Restu. Pengaruh Sharia Compliance Dan Good Corporate Governance Terhadap Loyalitas Nasabah. Yogkarta : UIN Sunan Kalijaga, 2018.
Rahmayanty, Nina. Manajemen Layanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.
Siregar, Sofyan. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Bandung: Bumi Aksara, 2014.
Sugiati, Tinik. “Pengaruh Stres Kerja, Kompensasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Turnover intention Studi Pada Karyawan Kontrak Pt. Gagah Satria Manunggal Banjarmasin.†Jurnal Magister Manajemen Universitas Lambung Mangkurat, Vol. 4 (3), 2013.
Suretno, Sujian. Pelaksanaan Musyarakah Di Bank Syariah Mandiri (Kajian Prinsip Keadilan dan Kepatuhan Syariah). Cirebon: Nusa Litera Inspirasi, 2018.
Suryani, Tatik. Perilaku Konsumen, Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Graha Ilmu Candi Gerbang Permai, 2008.
Suryati, Lili. Manajemen Pemasaran: Suatu Strategi Dalam meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta: Penerbit Deepublish, 2015.
Susanto, Singgih . Statistik Multivariat, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2010.
Sutedi, Adrian. Perbankan Syariah. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2009.
Swasta, Basu dan Hani Handoko. Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE, 2001.
Syahputra, Danil. Metodologi Penelitian. Medan: CV. Widya Puspita, 2020..
Tarigan, Azhari Akmal. Tafsir Ayat-Ayat Ekonomi. Medan: FEBI UIN-SU Press, 2019.
Tjiptono, Fandy. Strategi Bisnis. Yogyakarta: Penerbit ANDY, 2005.
Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Andi Offset, 2010.
Wahab, Abdul. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Masyarakat Muslim dalam Memilih Perbankan Syariah di Kota Makasar.†Jurnal Ilmiah Assets, Vol. 3 (2), 2013.
Wardayanti, Siti Maria. “Implikasi Shariah Governance Terhadap Reputasi dan kepercayaan Bank Syariah.†Journal Walisongo, Vol. 19 (1), 2011.
Woodall, Tony. “Conseptualising Value for the Customer‟: An Attributional, Structural and Dispositional Analysis.†Academy of Marketing Science Review, 2003.
Woodruff, Robert B. “The Next Source For Competitive Advantages.†Journal of the Academy of Marketing Science, Vol.25 (2), 1997.
Zakiy, Muhammad dan Evrita Putri. “Pengaruh Keunggulan Layanan terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening†JEBS: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol. 3 (1), 2013.
DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v4i3.4169
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.
Â
Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL:Â https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI:Â 10.36987/jumsi
E-ISSN:Â 2774-4221
Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418