Analisis Determinan Permintaan Masyarakat Kota Medan Terhadap Jasa Pengiriman Paket Pos Pada PT. Pos Indonesia (Persero)

Kristin Yenita Purba

Abstract


PT. Pos Indonesia (Persero) is a state-owned company engaged in delivery services, this company is well known by the wider community as a means of communication and also provides goods delivery services. This study aims to analyze the effect of price, per capita income, population on the demand for postal parcel delivery services at PT. Pos Indonesia (Persero) Medan. The data used in this research is secondary data from 2015 – 2020. The analytical tool used is multiple regression analysis. The software used to carry out the analysis is eviews 9. The results of this study show that the price variable has a negative and significant effect on delivery services. Per capita income variable has a positive and significant effect on delivery services. And the population variable has a negative and insignificant effect on delivery services. As an effort to improve delivery services, business innovation is needed to increase demand for postal parcel delivery services in the face of increasingly fierce competition in the delivery service market. And improve the quality and quality of service as well as affordable prices to meet the demand for delivery services. Satisfaction is very important in increasing the demand for delivery services, therefore it is hoped that the level of service will be further improved.


Full Text:

PDF

References


Ghozali. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gujarati. 2006. Dasar – dasar Ekonometrika. Jakarta: Erlangga.

Insukindro. 2003. Analisis Dampak Kebijakan Moneter Terhadap Variabel Makroekonomi di Indonesia 1983.1 – 2003.2 Tesis. FE-UGM. Yogyakarta.

Kotler. P. 1991. Manajemen Pemasaran Jilid I dan II, Jakarta: Salemba Empat

Lupiyoandi. R. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktek. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Noor. A. 2003. Pengantar Mikro Ekonomi (Aplikasi Dalam Manajemen), Malang: Penerbit Erlangga.

Parhusip. M. 2012. Analisis Permintaan Terhadap Jasa Pengiriman Pada PT. TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Tujuan Pekanbaru – Jakarta di Kota Pekanbaru.

Payne. A. 2008. The Essence of Service Marketing (Pemasaran Jasa), Jakarta: Salemba Empat

RUU Pos Dalam Perspektif Persaingan Usaha, 2007

Stanton. J.W. 1991. Fundamentals of Marketing, New York : McGraw-Hill.

Suherman. R. 2009. Pengantar Teori Ekonomi, Pendekatan Kepada Teori Ekonomi Mikro & Makro. Edisi Revisi. Jakarta.

Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan Teori Dan Aplikasi Dengan SPSS. Andi Yogyakarta.

Supranto. J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Jakarta: Rineka Cipta.

Swastha dan Irawan. 1990. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Winardi. 2001. Ekonomi Manajerial. Mandar Maju, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v3i3.4208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418