Pengaruh Pembiayaan Dana Talangan Umroh Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Di PT. Sharia Multifinance Astra

Fauzia Nur Hasanah, Mutiah Khaira Sihotang

Abstract


This study aims to examine and determine the effect of Umroh Bailout Fund Financing on Public Interest in Becoming Customers at PT. Sharia Multifinance Astra. Research Methods This thesis is a type of quantitative research. This study uses one independent variable and one dependent variable. The independent variable in this study is the financing of Umrah bailout funds and the dependent variable in this study is community interest. The data collection technique in this study was in the form of questionnaires distributed to 50 respondents. In analyzing the data, researchers used analysis with several steps to test the validity of the data,reability test, simple regression tests and hypothesis testing. The results of this study show that the t-count value is 4.473 >t-table 2.010, meaning that the financing variable for Umrah bailout funds affects the community to become customers at PT. Sharia Multifinance Astra.


Full Text:

PDF

References


Ali, N. (2019). talangan biaya umroh melalui jasa keuangan perspektif hukum islam (studi kasus pada PT. Federal International Finance kotabumi lampung utara).

Amsari, S. (2021). analisis mekanisme pembiayaan dana talangan haji pada PT. Bank syariah kantor cabang medan. Jurnal Ekonomi Islam, 12(1), 98–117. https://osf.io/preprints/inarxiv/z62ut/

Azmi, N. (2021). Pengaruh Dana Talangan Terhadap Minat Jamaah Umroh Di Pt. Cahaya Hati Tour and Travel Pekanbaru Pada Tahun 2019.

Esa, C. A., & Baktiono, R. A. (2017). Analisis Variabel Motivasional Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dana Talangan Haji Bank Syariah Mandiri Kcp Kapas Krampung Surabaya. Karyailmiah.Narotama.

Fatwa Dewan Syariah Nasional DSN-MUI No.: 44/DSNMUI/VIII/2004 tentang pembiayaan multijasa.

Fitriyaningsih, N., Nusantoro, J., & Kurniawan, A. (2021). Analisis Keputusan Pembiayaan Talangan Haji pada Nasabah Di PT. BPRS Metro Madani. Jurnal Akuntansi AKTIVA, 2(2), 243–249.

Firdausi, aulia salsabila. (2021). studi komparasi penentuan ujroh dana talangan umroh BFI finance syariah dan amitra di PT Massa makmur wordl surabaya.

Islami, rahma putri. (2014). comparative advantage produk dana talangan haji dan talangan umroh pada bank muamalat indonesia.

Julistia, C.E., Hayati, I. (2022). Analisis Manajemen Resiko Pembiayaan Kpr Griya Dengan Akad Murabahah Pada Bank Syariah Indonesia Kc Medan Gajah Mada. 3(3), 515-526

kulsum, nuriah. (2019). pembiayaan dana talangan umroh menurut hukum islam dan peraturan menteri agama republik indonesia nomor 8 tahun 2018 (studi kasus di PT. federal international finance amitra syariah). https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Kurniawan, H., Satria, A., & Suprayitno, G. (2016). Perancangan Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Pembiayaan Umrah. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 32–42. https://doi.org/10.17358/JABM.2.1.32

lestari, amanda dwi. (2018). mekanisme pembiayaan akad qardh wal ijarah pada dana talangan haji dalam perspektif fatwa DSN-MUI NO. 29/DSN-MUI/VI/2002 (studi pada BPRS Metro madani cabang jatimulyo lampung selatan).

Moleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif Cet. X. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, m. ziqhri anhar. (2020). analisis strategi pemasaran produk dana talangan umroh dalam meningkatkan umlah nasabah di PT. Bank sumut kantor cabang pembantu syariah stabat.

Nina, R. (2013). Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2005). Metodologi Penelitian Kesehatan (Edisi Revisi). Jakarta : PT. Rineka Cipta

Pradesyah, R. (2017). Analisis Pengaruh Non Performing Loan, Dana Pihak Ketiga, Terhadap Pembiayaan Akad Mudharabah di Bank Syariah. Jurnal Intiqad, 9(1), 93–111.

Pradesyah, R. (2020). Pengaruh Promosi dan Pengetahuan Terhadap Minat Masyarakat Melakukan Transaksi di Bank Syariah (Studi Kasus di Desa Rahuning). 1(2), 113–122.

Purwanto, R. A. (2020). strategi pemasaran dalam menarik minat masyarakat menggunakan produk pembiayaan talangan umroh di PT. BPRS magetan.

Rahmayati, Kurnia, E., & Khaira, M. (2022). Problematika Profit Oriented Dalam Mempengaruhi Kualitas Bank Syariah Di Kota Medan.Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance, 5(November), 480–487.

Septiani, I. (2019). Efektifitas Dana Talangan Umroh Terhadap Peingkatan Jumlah Jamaah Pada Pt. Kanomas Arci Wisata.

Shofarina, I. (2019). implementasi akad ijarah multijasa pada pembiayaan fleksi iB hasabah umroh di BNI syariah cabang pengalongan.Jurnal Ekonomi Islam, Marketing Mix.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta, 2003.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Jakarta: Alfabeta, 2007).

Toyyibah, T. (2019). Pelaksanaan akad ijarah multijasa dalam pembiayaan dana talangan umrah PT. Sharia Multifinance Astra.

Widiawati, E. (2015). Strategi Pengembangan Produk Pembiayaan Dana Talangan Umrah Dalam Upaya Meningkatkan Minat Nasabah Bank Jatim Syariah Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v3i3.4231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418