Analisis Pengaruh E-Banking Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Di Bank Sumut Unit Usaha Syariah Dengan Komitmen Keagamaan Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Bank Sumut Unit Usaha Syariah KCP Karya)

Irna Khairani, Ahmad Amin Dalimunthe, Arnida Wahyuni Lubis

Abstract


This study was conducted to examine the effect of e-Banking variables, and the quality of Service to customer loyalty with religious commitment as a moderating variable. This study used primary data sourced from customers at Bank Sumut Sharia Business Unit KCP Karya on January 17, 2022 to February 17, 2022. The population used in this study is the customer who came to the customer service and using sampling techniques purposive sampling, so obtained 58. Data processing is done with SPSS statistical program tools 26. The results showed that the data used in this study have met the data quality test, the test of classical assumptions, which include: no multicollinearity, no heteroscedasticity, and normally distributed data. From the results of regression analysis showed partially variable e-banking affect customer loyalty, and service quality affect customer loyalty.


Full Text:

PDF

References


Darma, Emile. Pengaruh Komitmen Keagamaan, Pengetahuan dan Iklan terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah. Mahasiswa Doktor UII, 2014

Diah dharmayanti, Analisis Dampak Service Performance Dan Kepuasan Sebagai Moderating Variable Terhadap Loyalitas Nasabah, jurnal manajemen pemasaran, vol. 1. No. 1, April 2006

Freddy Rangkuti. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: Gramedia, 2002

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang, 2005

Herman Darmawi. Manajemen Perbankan. Jakarta: Bumi Aksara, 2011

Ikatan Bankir Indonesia. Strategi Manajemen Resiko Bank. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2006

Ismail ‘’ Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Kepuasan Nasabah sebagai prediktor dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah’’. (Batam: Jurnal Organisasi dan Manajemen, 2014) Volume 10, Nomor 2: 179-196.

Indah, Dewi, 2016, Pengaruh E-Banking dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah di PT. Bank BNI’46 Cabang Langsa, Langsa: Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol.5, No.2, November 2016.

James G Barnes. Secrets Of Customer Relationship Management . Yogyakarta: Andi, 2003

Liona. Hubungan Masyarakat, Membina Hubungan Baik Dengan Publik. Bandung: CV. Lalolo, 2001

Muhammad. Bank Syariah: Analisis, Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman. Yogyakarta: Ekonisia, 2005

Mudrajat Kuncoro. Metode Riset Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga, 2003

Mudrajat Kuncoro. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi Edisi 3. Jakarta: Erlangga, 2009

Nur Ahmadi Bi Rahmani. Metode Penelitian Ekonomi. Medan: FEBI UIN-SU Press, 2016

Nuruddin dkk. Agama Tradisional: Potret Kearifan Hidup Masyarakat Samin dan Tengger. Yogyakarta: LKIS, 2003

Novita, Anggun Citra dkk, 2016, Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Pt. Bank Sulutgo Cabang Utama Manado, Manado: Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Volume 16, No. 01: 728-737

Noviana Diah Riza, Skripsi: ‘’Analisis Pengaruh E-Banking Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Di Perbankan Syariah Dengan Komitmen Keagamaan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Pada Nasabah Bri Syariah Di Iain Salatiga)’’ (Salatiga: UIN Salatiga, 2018), Hal.88-89.

Patricia, Buhler. Management Skills. Jakarta : Prenada, 2007

Pinontoan, Wulan, 2013, Pengaruh E-Banking, Kualitas Pelayanan, Kualitas Komunikasi Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Pt. Bank Mandiri Cabang Manado, Manado: Jurnal EMBA Vol. 1, No. 4: 192-201

Rambat Lupiyoadi. Manajemen Pemasaran Jasa (Teori dan Praktek), Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat, 2001

Sujoko Effering. Metode Penelitian Akuntansi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta, 2018

Sugiyono.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet, 2016

Steve Clarke. E-banking Management: Issue, Sollution and Strategis, Terjemahan Oleh Mahmood Shah. Jakarta: Gramedia Pustaka, 2009

Sofjan Assauri. Strategic Marketing. Jakarta: PT Raja Grafindo, 2012

Taufik dan Karim. Metodologi Penelitian Agama. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana, 1989

Zeithaml, Valarie A., Mary Jo Bitner dan Dwayne D. Gremler. 2009. Services Marketing ± Integrating Customer Focus Across The Firm (5 th ed). New York: McGraw-Hill, 2009.




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v3i3.4292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418