Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Performanc Appraisal Perusahaan Asurannsi Pada PT. Asuransi Sunlife Cabang Medan

Muhammad Rizqi Fithrah Harahap, Tri Inda Fadhila Rahma, Nuri Aslami

Abstract


The object of this study is PT. Sunlife Financial Medan Branch. Research problems refer to Performance Appraisal (Peformance Appraisal). The purpose of the study was formulated to investigate the effect of productivity, service quality and responsiveness at PT. Sunlife Financial Medan Branch. The comparative quantitative method has been chosen to obtain the required data on this study. This study used 70 respondents and all respondents were employees of PT. Sunlife Financial Medan Branch. Data analysis using computer program SPSS 16.0. The results of the study productivity variables have a negative effect on performance Appraisal, service quality variables have a positive effect on Performance Appraisal, and responsiveness variables have a positive effect on Performance Appraisal. The results of the coefficient of determination of 57.5% which means that employee satisfaction can be explained by the variables productivity, service quality, and responsiveness. And this means that 57.5% is influenced by other variables that are not within the scope of this study. Thus, the hypothesis that productivity, service quality, and responsiveness have a significant effect on Performance Appraisal is acceptable.


Full Text:

PDF

References


Amalia Mekar Sari. (2018). Pengaruh Performnace Appraisal Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Syariah Mandiri Area Medan Ahmad Yani. Medan: Skripsi UMMA.

Aslami, Nuri N. M. (2022). Analisis Peningkatan Kualitas Produk dan Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Telkom Akses Medan. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Keuangan , Volume 2 No 2.

Azuar juliandi, Irfan, Safrinal manurung. (2015). Metode Penelitian Bisnis. Medan: UMSU PRESS.

Cindi Ismi Januari. (Juli 2015). Pengaruh Penilaian Kinerja terhadap Kepuasan Kerja dan Prestasi Kerja. Jurnal Administrasi Bisnis. Volume 24, No. 2 , 7.

Daniel Sylvester Simanjuntak. (2017). Pengaruh Persepsi Penilaian Kinerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Sucofindo Cabang Medan.

Daulay, A. N. (2019). Ekonomi Makro Islam . Medan: Uin Sumatera Utara.

Diena Adenina dan Eska Nia Sarina. (2018). Pengaruh Performance Appraisal Terhadap Kepuasan Kerja Dan Turnover Intention Karyawan di Hotel Tentram Yogyakarta.

Dwiyanto, A. (2006). Mewujudkan Good Geovermance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: UGM Press.

Effering, S. (2008). Metode Penelitian Akuntansi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Gaspersz, V. (1998). Manajemen Produktivitas Total. 23.

Harahap, S. (2016). Pengantar Manajemen:Pendekatan Integratif Konsep Syariah. jakarta.

Harjono Sunardi. (2010). Perancangan Kinerja dengan ROI dan EVA terhadap return Saham. Jurnal Akuntansi. Volume 2, No. 1 , 89.

Hasibuan., M. S. (1996). Organisasi Dan Motivasi Dasar Peningakatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara Putra.

Herdiana, L. (2011, November 8). Lisa Herdiana. Dipetik Desember 21, 2017, dari Performance Appraisal

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an.

Hilman Muchair. (2012). “artikel produktivitas dalam islamâ€.

Imam Ghozali. (2001). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Edisi kedua. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Islamy, M. I. (1997). Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Sinar Grafika.

Ismi, C. (2015). Pengaruh Penilaian Kinerja terhadap Kepuasan Kerja dan Prestasi Kerja. Jurnal Administrasi Bisnis. Volume 24, No. 2 , 2.

Jannah, B. P. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Jimmy Sadeli. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Salemba Emban Patria.

Juliansyah Noor. (2012). Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Karmi. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah.

Kuncoro, M. (2003). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Airlangga.

Kuncoro, M. (2003). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Airlangga.

Lipi Fahrizal. (2013). Pengaruh Penilain Kerja Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Pada Divisi Pelayanan Pelanggan dan Administrasi Umum PT. PLN APJ Bandung. hal. h. 1.

M. Irfan Islamy. (1997). Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Sinar Grafika.

Maetono, N. (2001). Metode Penelitian Kuantitatif : Analisis isi dan analisis data sekunder. Jakarta: Raja Grafindo.

Marwansyah. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Kedua. Bandung: Alfabeta.

PT Sunlife Finacial .

R.I., D. A. (2010). Al-Qur'an dan terjemahan. Madinah:Mujamma' Al Malik Fahd , 159.

Rafidah. (Desember 2014). Kualitas Pelayanan Islami Pada Perbankan Syariah. IAIN STS Jambi Jurnal Ekonomi Islam , Volume 10, Nomor 2.

Rahma, T. Indah. (2018). Persepsi Masyarakat Kota Medan Terhadap Penggunaan Financial Technologi (Fintech). Jurnal At-Tawassuth , Vol. 3. No.1.

Rahmani, N. A. (2016). Metodologi Penelitian Ekonomi. Medan : Febi UIN-SU Press.

Rahmat, R. M. (20018). Analisis Strategi Pemasaran Pada PT. Koko Prima Jaya Makassar. 29.

Ravianto. (1985). Produktivitas dan Manajemen.,. Jakarta: SIUP.

Ravianto.. (1986). Produktivitas dan Pengukuran. Cetakan I Lembaga Sarana Informasi Usaha dan Produktivitas.

Rebecca, G. (Oktober 2014). Pengaruh kepuasan prestasi kerja terhadap kepuasan karyawan. Jom FISIP. Volume 1, No. 2 , 12.

Saifuddin azwar. (2003). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Shihab, M. (2006). , Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.

Siagian, S. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v3i3.4321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418