Analisis Peran YouTube Sebagai Media Komunikasi Dakwah Dalam Pengembangan Masyarakat Islam

Dina Alfiana, Waizul Qarni, Muhammad Habibi Siregar

Abstract


The purpose of this study is to analyze the role of YouTube as a Da'wah Communication Media in the Development of Islamic Society. Da'wah is the process of changing one's thoughts, behavior and feelings for the better. YouTube is a strategic communication medium for conveying da'wah to the Islamic community today. This type of research is qualitative with data collection methods using library research. The results of the study show that the use of YouTube as a means of da'wah communication is quite helpful in the development of today's Islamic society.

 


Full Text:

PDF

References


Aisyah, S. (2017). “Video Blog Sebagai Media Representasi Diri Vlogger di Kota Makassarâ€. LTA S-I Kearsipan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hassanudin.

Chandra, E. (2017).“Youtube: Citra Media Informasi Interaktif atau Media Penyampaian Aspirasi Pribadiâ€, Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, Vol. 1, No. 2, hlm. 407.

Daulay, H., & Septiani T. H., E. (2020). Komunikasi dan Dakwah: Strategi Komunikasi dalam Penguatan Wawasan keislaman Remaja. Kalijaga Journal of Communication, 2(1), 17–32.

Dianto, I. (2018). PERANAN DAKWAH DALAM PROSES PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM. Hikmah, 12(1), 90.

Faiqah, F., Nadjib, Muh., & Amir, A. S. (2016). YOUTUBE SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI BAGI KOMUNITAS MAKASSARVIDGRAM. Jurnal Komunikasi KAREBA, 5(2), 259–272.

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180406202852-213-288967/YouTube-jadi-aplikasi-media-paling-populer-di-indonesia

Jim Ife dan Frank Tesorier. (2008). Community Development : Alternatif Pengembangan Masyarakat di Era Globalisasi Edisi Bahasa Indonesia, (Yogyakarta, Pustaka Pelajar, Cetakan Pertama), h. 206

Mulyana, Deddy. (2015). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Nanih Machendrawaty dan Agus Ahmad Syafei. (2001). Pengembangan Masyarakat Islam Dari Ideologi, Strategi sampai Tradisi, (Bandung, PT Remaja Rosdakarya), h. 29

Sari, A. (2020). ETIKA KOMUNIKASI. TANJAK : Journal of Education and Teaching, 1(2), 127-135.

Wahyullahi. (2010). Komunikasi dakwah. Bandung : PT Remaja Rosda karya.

Zaini, A. (2016). Peranan Dakwah dalam Pengembangan Masyarakat Islam, Community Development : Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, Volume 1, Nomor 1, hlm. 140.




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v3i4.4754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418