Strategi Pemasaran Syariah Dalam Upaya Menarik Minat Nasabah Pada Bank Wakaf Mikro Pesantren Mawaridussalam

Risky Pratama, Sarwo Edi

Abstract


This research was conducted to determine the sharia marketing strategy of the Mawaridussalam Islamic Boarding School Micro Waqf Bank in an effort to attract customers. Informants in the research are the Head of Management, Supervisor, and Operations Manager. Research methods used by collecting data, namely observation, interviews, and documentation. The discussion technique used in this research is qualitative descriptive. The results of this study show that in the implementation of sharia marketing strategies at the Mawaridussalam Islamic Boarding School Micro Waqf Bank by doing how to select prospective customer criteria, Muslim women who wear hijab and are married, behave well, have a business, and by approaching strategies with ustadzh, village heads, and study mothers in order to socialize to the community and business actors about what a Micro Waqf Bank is. As for the constraints and obstacles in the training process, prospective customers are still selfish, lack of care, especially when conducting socialization.


Full Text:

PDF

References


Anastasia, M., & Oktafia, R. (2021). Strategi Pemasaran Syariah Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Kerupuk Desa Tlasih Tulangan Sidoarjo. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 4(2), 431–444. https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(2).7773

Aziz, N., & Hendrastyo, V. S. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan , Kepercayaan Dan Promosi Terhadap Minat Nasabah Menabung Pada Bank Syariah Cabang Ulak Karang Kota Padang. 03(0), 227–234. https://doi.org/10.31575/jp.v3i3.183

Harahap, I., Mailin, & Amini, S. (2019). Peran Bank Wakaf Mikro Di Pesantren Mawaridussalam Dalam Pemberdayaan Ekonomi. 2, 154–164.

Islam, E., Ekonomi, F., Universitas, I., Pos, K., Perbankan, J., Fakultas, S., Islam, E., & Djuanda, U. (2015). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH TERHADAP INTERNET BANKING FACTORS AFFECTING THE INTERESTS OF CUSTOMERS OF INTERNET BANKING Mislah Hayati Nasution. 1, 62–73.

Islam, J. E. (2020). Pengaruh Promosi Dan Pengetahuan Terhadap Minat Masyarakat Melakukan Transaksi Di Bank Syariah (Studi Kasus Di Desa Rahuning). Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam, 1(2), 113–122. https://doi.org/10.56114/al-sharf.v1i2.65

Journal, E., Karjuni, A., & Mulasih, S. (2021). Ecobankers : Journal of Economy Banking Strategi Pemasaran Syariah dalam Upaya Menarik Minat Nasabah Pada Bank Wakaf Mikro Buntet Pesantren Cirebon Tahun 2020. 2, 49–58.

Khoiri Abdi, M., & Febriyanti, N. (2020). Penyusunan Strategi Pemasaran Islam dalam Berwirausaha di Sektor Ekonomi Kreatif Pada Masa Pandemi Covid-19. El-Qist : Journal of Islamic Economics and Business (JIEB), 10(2), 160–178. https://doi.org/10.15642/elqist.2020.10.2.160-178

Nur, R., Hidayatullah, W., Tinggi, S., & Islam, A. (2022). Strategi pemasaran dalam meningkatkan omzet rumah makan pelangi kabupaten wakatobi menurut perspektif ekonomi syariah. 6, 92–110.

Sa’adah, F. (n.d.). Strategi Pemasaran Produk Gadai Syariah Dalam Upaya Menarik Minat Nasabah Pada Pegadaian Syariah. 61–86.

Silalahi, T. S., Claretta, D., Barisan, K., Brew, M., Komunikasi, P., & Solidaritas, ; (n.d.). Solidaritas Komunitas Barisan Manual Brew (Studi Deskriptif Kualitatif pada Komunitas Barisan Manual Brew) Kata kunci. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Sulistiani, S. L., Yunus, M., & Bayuni, E. M. (2019). Peran dan Legalitas Bank Wakaf Mikro dalam Pengentasan Kemiskinan Berbasis Pesantren di Indonesia The Role and Legality of Micro Waqf Bank in Pesantren Based Poverty Alleviation in Indonesia A . Pendahuluan sosial masyarakat merupakan sebuah hal yang pent. 12(1), 1–26.




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v3i4.4852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418