Konversi Buku Ajar Pendidikan Agama Islam ( PAI) SMP Menjadi Modul Berbasis Contextual Learning

Wajihan Nihaya, Nurzannah Nurzannah

Abstract


One of the integral parts of the national curriculum is religious learning. In Indonesia itself, the subject of Islamic Religious Education is required to be studied by students from elementary, middle, high school, to tertiary level, both in formal and non-formal schools, especially in schools that In fact, this madrasah research uses a qualitative descriptive method, which is a research method that utilizes qualitative data and is described descriptively. Research related to the conversion of Islamic Religious Education textbooks has produced a product in the form of a learning module for class 7 at junior high school level which specifically focuses on odd semester material and consists of 5 chapters. The process of converting textbooks into modules requires several stages to reach the finishing process.


Full Text:

PDF

References


Agustin, E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Modul Pendidikan Agama Islam Berbasis Word Square Pada Pokok Bahasan Al-Khulafa’ar Rasyidun.

Akrim. (2020). Desain Pembelajaran (Nuraini (ed.); 1st ed.). PT Raja Grafindo Persada.

Akrim. (2022). Buku Ajar Strategi Pembelajaran.

Arsyat, Azhar, 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Budiman, A., Samani, M., Rusijono, R., Setyawan, W. H., & Nurdyansyah, N. (2020). The Development of Direct-Contextual Learning: A New Model on Higher Education. International Journal of Higher Education, 10(2), 15. https://doi.org/10.5430/ijhe.v10n2p15

Fajri, Fadlin Tanjung, F. A., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Program Malam Ibadah di SMA Muhammadiyah 1 Medan.

Fatimah, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Modul Mata Semester Ii Jenjang Smp. 137.

Hukma Fikria Adira, M. W. A. (2023). Efektivitas dan Peran Guru PAI dalam Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri 1 Gamping. 8.

Komara, E. (2016). Belajar dan Pembelajaran Interaktif.

Kosasih, E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar.

Lasmiyati, & Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP Developing a Module to Improve Concept Understanding and Interest of Students of SMP. 9, 161–174.

Lexstiani R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Modul Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonsia Kelas XII SD/MI. 11–20.

M. Yaurizna. Pengembangan Media Interaktif dengan Tema Sistem Pencernaan Manusia Untuk SMP Kelas VIII. UNESA: PENSA E-Jurnal, 2013

Musfah, J. (2015). Redesain Pendidikan Guru (Teori, Kebijakan,dan Praktik).

Musfiqon, M. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka Raya.

Nurzannah, N., & Sitepu, J. M. (2020). Analysis Of Text Books Of Early Islamic Education In Primary Schools (Published By Erlangga And Yudhistira). … International Seminar Of Islamic …, 1, 598–608. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/insis/article/view/4185

P. Solong, Najamuddin, 2014. Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Teras.

Pohan, S. (2021). Strategi dan Metode Pembelajaran Generasi Milenial. CV. Bildung Nusantara.

Rahimah. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 10 Kota Tebingtinggi dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022.

Sanjaya, W. (2017). Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran.

Setiawan, Denni, dkk. 2012. Pengembangan Bahan Ajar. Tangerah Selatan: Universitas Terbuka.

Setyo Sari, Punaji, 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, cv.

Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta 2013

Tika Aprilia, Sunandi, Djono, Pemanfaatan Media Buku Digital Berbasis Kontekstual Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Prosiding Nasional 2017, 6 Maret 2017

Yustiana, S., & Fironika, R. kusumadewi. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis CTL sebagai Bagian dari Pengembangan SSP. Kontekstual, 1, 1–6.




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v3i4.4881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418