Penggunaan Media Grafis Dalam Pembelajaran Fiqih Untuk Mempermudah Pemahaman Siswa Kelas 9 di MTsN Karo

Iga Mawarni Br Tarigan, Mario Kasduri

Abstract


In the learning process, teachers must use the right materials and media, because they are an important part of the process of learning that can facilitate student understanding, one of the learning media that can help students understand is the graphic media. The study aims to find out how the use of graphic media in Fiqih learning to facilitate the understanding of 9th grade students at MTsN Karo. The type of research conducted by researchers is a type of qualitative research with a descriptive qualitative approach. The data obtained in the form of photographs, documentation and interviews. The results of the study are research on the use of graphic media in Fiqih learning at MTsN Karo has found that it is effective in facilitating the learning of students of Class 9. The use of graphic media by teachers and students is crucial because it can significantly improve the learning process. Teacher and student motivation in using the graphic medium is also important, because it helps them understand the material better and engage with the teacher's explanation. The study also found that the use of the graphical media increases student interest and involvement, making it a significant and beneficial factor in learning. The study concludes that graphic media can be a useful tool in teaching Fiqih.


Full Text:

PDF

References


A.R, S., Puspaningrum, & Umam, M.&, K. (2019). Pembelajaran Fiqih mu‟amalat berorientasi literasi finansial. Tarbawy: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 187–192

Anis Majidah, I. (2021). Analisis Faktor yang Memengaruhi Pemahaman Siswa Kelas 8 MTS DDI Lilbanai Parepare terhadap Pebelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Repositori UIN Alauddin Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/19848

Arsyad, A. (2013). Media pembelajaran. Jakarta : Rajawali Perss.

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Arsyad, A. (2019). Media pembelajaran (Revisi). Depak : Rajawali Pers.

Dalhari. (2020). Sejarah Perkembangan Fiqh. AT-TUJJAR, vol .08 no, 77–84

Dewi, N. M. C. K., Sudiana, I. N., & Artawan, G. (2014). Penerapan model pembelajaran melalui pengalaman berbantuan media grafis untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi Siswa kelas VIII A SMP Dharma Wiweka Denpasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 2(1).

Fajar, D. A. (2020). Penggunaan Media Visual dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 2(1). https://doi.org/10.32585/ijimm.v2i1.627

Febrianti, F. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Grafis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1).

Hafsah. (2016). Pembelajaran Fiqh (M. M.Pd (ed.); Edisi Revi). Bandung : Citapustaka Media Perintis.

Harfiani, R., & Fanreza, R. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Lesson Study Pratikum wisata Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kreatif MahaSiswa Pada Mata Kuliah Media dan Sumber Belajar Di Prodi Pendidikan Islan Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam UMSU.

INTIQAD : JURNAL AGAMA DAN PENDIDIKAN ISLAM, 11(1), 141.

Helaludin, & Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Makassar : Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Huda, M. (2016). Pembelajaran Berbasis Multimedia dan Pembelajaran Konvensional. Jurnal Penelitian, Vol. 10(No 1), 128.

Kesumawidayani, Kresnadi, H., & Marli, S. (2013). Penggunaan Media Audio Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keterampilan menyimak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol. 2 No.

Khisni, H. . (2015). Epistemologi Hukum Islam (Sumber dan Dalil Hukum Islam,

Metode Islimbath dan Ijtihad dalam Kajian Epistemologi Usul Fikih). UNISSULA PRESS Semarang.

Lestari Pasaribu, O. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia (Winarti (ed.)). UMSU Press : Medan.

Manshur, A., & Rodhi, A. (2020). Pengembangan Media Grafis Dalam Pembelajaran. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, Vol. 02 No, 12.

Masykur, M. R. (2019). Metodologi Pembelajaran Fiqih. Jurnal Al-Makrifat, 4(2).

Mustika, R. (2015). Media Pembelajaran Sistem Audio Untuk Pemberdayaan

Pendidikan di Komunitas Masyarakat. Jurnal Penelitian Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Vol. 6 No, 57–58.

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Bandung: Ghalia Indonesia.

Nurhayati, & Sinaga, A. I. (2022). Fiqh & Ushul Fiqh (Habibie (ed.); cetakan ke). Jakarta : Kencana.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Misykat, 3(1). https://doi.org/10.33511//misykat.v3i1.52

Prasetya, S. P. (2016). Media Pembelajaran Geografi. Surabaya : Unesa University Press

Purwani, A., Fridani, L., & Fahrurrozi, F. (2019). Pengembangan Media Grafis untuk Meningkatkan Siaga Bencana Banjir. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.142

Purwanti, S. D., Ngatman, N., & Hidayah, R. (2020). Penerapan Model Course Review Horay dengan Media Grafis dalam Peningkatan Pembelajaran IPS tentang Jenis Pekerjaan pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Wirun Tahun Ajaran 2018/2019. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(3). https://doi.org/10.20961/jkc.v7i3.40770

Rahmatullah, M., Hamid, R., & Mansur. (2014). Pembelajaran Fikih (Kartini (ed.)). IAIN Pontianak Press.

Rusby, Z., Hayati, N., & Cahyadi, I. (2017). Upaya Guru Mengembangkan Media Visual Pembelajaran Fiqih di MAN Kuok Bangkinang Kabupaten Kampar. Jurnal Al-Hikmah, Vol. 14 No, 23.

SA, R. (2017). Pengantar Ilmu Ushul Fiqih Metodolgi Penetapan Hukum Islam (Edisi Revi). Depok : Kencana.

Saefulloh, A. (2023). BAB 4 Media Grafis Dalam Pembelajaran. In A. Yanto (Ed.), Media Pembelajaran Berbasis Nilai Islami (p. 52). PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI Anggota IKAPI No. 033/SBA/2022.

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Setiyawan, H. (2020). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogja, Vol. 3 No., 193–203.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2013). Media pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2015). Media Pembelajaran. Bandung : Sinar BaruAlgensindo.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : CV Alfabeta.

Walidin, W., Idris, S., & Tabrani. (2016). Metodologi penelitian kualitatif & grounded theory. FTK Ar-Raniry Press.

Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta : Kata Pena.




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v3i4.4916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418