Pengaruh Citra Bank Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Mengambil Pembiayaan Dengan Pelayanan Sebagai Variabel Moderating Pada PT. BPRS al-wasliyah Medan Tahun 2021

Dini Syafitri Lubis, Muhammad Arif, Rahmi Syahriza

Abstract


This research aims to determine (1) The influence of banking image on customer decisions in taking financing at PT. BPRS Al-Wasliyah Medan; (2) The Influence of Banking Image on Customer Decisions in Taking Financing with Services as a Moderating Variable at PT. BPRS Al-Wasliyah Medan. The method used in this research is a quantitative method. The results of the analysis of the influence of the Banking Image variable (X) on the Customer Decision variable in Taking Financing (Y) obtained a value of t = 2.984 (df = 80-3 = 77; t table = 1.99125); (tcount > ttable), with a significant level of 0.001 < 0.05. The results of this research indicate that banking image has a significant positive effect on customers' decisions in taking out financing at BPRS Al-Washliyah Medan by 32.8%. The results of the analysis of the influence of the banking image variable (X) on the customer decision variable in taking financing (Y) which is moderated by service, obtained a value of t = 2.037 (df = 80-3 = 77; t table = 1.99125); (tcount > ttable), with a significant level of 0.005 < 0.05, as a result hypothesis two (H2) is accepted. The results of this research provide an indication that service is able to moderate the influence of banking image on customer decisions in taking financing by 54.9%.


Full Text:

PDF

References


Akbar, Rezky Muhammad.“Pengaruh Bauran Pemasaran, Kepercayaan Konsumen dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Konsumen Survei Pada Jamaah Umrah Pt Barakallah Dunia Wisataâ€,dalamJurnal Manajemen Pemasaran, No. 1 2018.

Al Arif, M. Nur Rianto. Pengantar Ekonomi Syariah Teori Dan Praktik, Bandung: Cv Pustaka Setia, 2015.

Al Fatih,Rahman Pengertian Pelayanan, https://kbbi.web.id/. diakses pada 17 Juli 2021

amiyani,Ima. “Pengaruh komunikasi pemasaran dan fasilitas kredit terhadap keputusan nasabah dalam mengambil kredit pada PT. Bank Mandiri ( persero) tbk di Sampitâ€, dalam Jurnal Penerapan Ilmu Manajeman dan Kewirausahaan, 5(1), 2020.

Antonio,Muhammad Syafi’i. Bank Syariah Dari Teori Ke Praktek, Jakarta:Gema insani, 2001.

Anugrah,Dian. Pengertian Pembiayaan, Https://Kbbi.Web.Id Diunduh Pada Tanggal 14 Juni 2019.

Arief, Mts. Pemasaran Jasa & Kualitas Pelayanan (Bagaimana Mengelola Kualitas Pelayanan Agar Memuaskan Pelanggan, Malang: Bayumedia Publishing, 2020.

Ar-Rifai, Muhammad Nasib. Kemudahan dari Allah Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir jilid 1, Jakarta: Gema Insani Press, 1999.

Asnaini, Sri Wahyuni, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Non Perfoming Financing (Npf) Pada Bank Umum Syariahdi Indinesiaâ€, Jurnal Tekun/Volume V, No. 02, September 2014.

Dapartemen Agaman. Al-Quran Dan Terjemahan :Waqaf Dari Muhsinin, Jakatra: Sabiq, 2009.

Dapartemen Pendidikan Dan Kebudayaan,“Kamus Besar Bahasa Indonesiaâ€dalam Artikel, Jakarta : 26 januari 2017.

Dokumentasi PT. BPRS Al-Washliyah Medan, Pada 23 Maret 2022.

Fadillah,Isna. “Peran PT BPRS Al-Wasliyah Medan Dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan menengahâ€. Skripsi, Fakultas Syariah UINSU Medan, 2019.

Ghozali,Imam. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2011

Hafidudin, Didin. Manajemen Syari’ah Dalam Praktik, Jakarta: Gema Insani, 2003

Hasan,Ali. Marketing Bank Syariah, Bogor: Ghalia Indonesia, 2010.

Hunaning, “ Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Produk Pembiayaan Mudarabah Pada BMT Nurul Jannah Petro Kimia Grasikâ€.Skripsi,Universitas Malang,2018

Husaeni, “Analisis pengaruh dana pihak ketiga dan non performing financing terhadap return on asset pada BPRS di Indonesia†dalam Jurnal Ekonomi Syariah, April 2017.

Ibrahim, “Persepsi Masyarakat Muslim Paleteang Pinrang Terhadap eksistensi Bank Syariahâ€,Disertasi, IAIN Prepare, 2020.

Ikhsan,Arfan. Metodelogi Penelitian Bisnis, Medan: Madenatera, 2018.

Ismail, Perbankan Syariah (Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2011), h. 32.

Kanal, “Statistika perbankan Indonesia- Januari 2002â€, http://www.ojk.go.id/id/kanal/perbankan/data-dan-statistik/statistik-perbankan-indonesia /pages/statistik-perbankan-indonesia---Januari-202.aspx. Di unduh pada 12 April 2022.

Kasmir, Dasar-Dasar Perbankan Edisi Revisi 2014. Jakarta: Company, 2014.

Kholisoh&Priamsari,“Strategi Komunikasi untuk Meraih the Best Branch Service Excellent pada Bank Mandiri Jakarta Cikiniâ€. Dalam JurnalWarta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia,2018.

Kiki, Teller bank BPRS Al- Wasliyah, wawancara di Medan, tanggal 24 Maret 2022.




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v3i4.4939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418