Manajemen Program Seni Baca Al – Qur’an di MTSN Toba Samosir

Ayu Mardiyatin Zanah Nurhikmah, Abd Rahman

Abstract


This research aims to find out how the Al-Qur'an reading art program is managed at MTsN Toba Samosir and to find out how the planning, organization, implementation and evaluation of the Al-Qur'an reading art program at MTsN Toba Samosir is carried out. This research uses qualitative methods, namely observation, interviews and direct documentation. The results of the research in the Al-Quran reading arts program at MTsN Toba Samosir have not gone well because some of the students are not yet familiar with reading the Al-Qur'an and some of the students who can read the Al-Quran are not yet in accordance with the rules of recitation science. . Therefore, the planning, organization, implementation and evaluation is intended to see and improve what are obstacles in the Al-Qur'an reading arts program activities. From the results and discussion, researchers can conclude that the Al-Quran reading arts program at MTsN Toba Samosir is not only learning about Qur'anic recitations, but the school created this activity to eradicate Qur'an illiteracy among students and improve the quality of students in reading Al-Qur'an.


Full Text:

PDF

References


A Pertiwi. (2018). MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TILAWAH AL-QUR’AN BAGI CALON PESERTA DIDIK MUSABAQOH TILAWATIL QUR`AN. Program Studi

Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, Jl. Tol Ciawi No. 1 Kotak Pos 35 Ciawi Bogor 16720, 8.

Akhmad Akromusyuhada. (2018). SENI DALAM PERPEKTIF AL QURAN DAN HADIST. Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Pelita Bangsa Bekasi, 6.

M. Ali Attamasini. (2021). Pengaruh Seni Baca Al-Qur’an Terhadap Peningkatan Kemampuan Baca Al-Qur’an di MI Poemusgri kelurahan Sindujoyo Gresik. STIT Raden Santri Gresik, Jl. Raden Santri V/22 Gresik, STIT Raden Santri Gresik, Kota Gresik, 6114, 9.

Mastur, Mu’aidi, Sabaruddin, Badaruddin. (2022). SENI TILAWAH AL-QUR’AN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER. STIT Darussalimin NW Praya Lombok Tengah NTB, IAI Qamarul Huda Bagu Lombok Tengah,Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat, STIS Darul Falah Pagutan Mataram, 39.

Meirani Agustina, Ngadri Yusro, Syaiful Bahri. (2020). STRATEGI PENINGKATAN MINAT MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI. Institut Agama Islam Negeri, 17.

Muhammad Abdurrahman Efendi, M. Entang, Rais Hidayat, Dian Wulandari. (2020). MANAJEMEN PEMBELAJARAN SENI BACA ALQURAN DI PONDOK PESANTREN ALQURAN AL-

ITQON BOGOR. SMK Alwatasi Caringin, Bogor, Indonesia, Universitas Pakuan, Bogor, Indonesia, 5.

Muhammad Umar Hasibullah. (2023). PENGEMBANGAN SENI MEMBACA AL-QURAN DENGAN METODE TARTIL DAN TILAWAH PADA SANTRI DI PESANTREN

MIFTAHUL ULUM SUREN. Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember, 10.

Nadia Salsabila. (2022). Manajemen Program Pembiasaan MembacaAl-Quran Di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 16.

Rofik Nursahid, Aam Abdussalam, Agus Fakhruddin. (2015). PROGRAM PEMBELAJARAN TILAWAH AL-QURAN PADA PONDOK PESANTREN AL-QURAN AL-FALAH

CICALENGKA BANDUNG. Universitas Pendidikan Indonesia, 12.

Sakban, Nur Hidayah. (2020). PEMBELAJARAN SIROH NABAWIYAH DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA KELAS VIII SMP IT AL-HUSNAYAIN PANYABUNGAN. Dosen

Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia, Guru SMP Islam Terpadu Al-Husnayain Panyabungan, Indonesia, 11.

Silvia Susrizal, Rike Paslawati. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Alqur’an di Lembaga Pendidikan Qur’an Masjid Nurul Iman. IAIN Batusangkar, Sumatera Barat, Indonesia, 11.

Suradi, A. (2018). MANAJEMEN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI MADRASAH

IBTIDAIYAH PLUS JA-ALHAG KOTA BENGKULU. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu, 12.

Syamsuddin. (2017). PENERAPAN FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, I, 73.




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v3i4.4961

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418