Implementasi Program Islamic Character Building (ICB) Dalam Membentuk Karakter Islami Siswa di SMPIT Nurul Azmi Medan

Alfi Zan Nur, Nadlrah Naimi

Abstract


This study aims to determine the implementation of the Islamic Character Building (ICB) program in shaping the Islamic character of students at SMPIT Nurul Azmi Medan. The objectives of this Islamic Character Building Program are: 1) To describe the Implementation of the Islamic Character Building Program at SMPIT Nurul Azmi Medan. 2) To describe the purpose of the Islamic Character Building Program at SMPIT Nurul Azmi Medan. 3) To analyze what factors support and hinder the Islamic Character Building Program at SMPIT Nurul Azmi Medan. This research uses a qualitative approach with a descriptive research type. The data collection methods used are observation, interview, and documentation methods. The results showed that the ICB Program at SMPIT Nurul azmi Medan is an effective program to be implemented in shaping and building students' Islamic character. Supporting factors in this program are the readiness of the material that has been designed, the availability of infrastructure, the cooperation between the principal, teachers and parents, and the active role of students in participating in program activities. The inhibiting factor is the lack of socialization to new educators about the use of applications that support the Islamic Character Building (ICB) Program and the limited time for the supervising teacher to deliver the existing material.


Full Text:

PDF

References


Agung. (2018). KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI KAJIAN EPISTIMOLOGI. At-Tarbawi Al-Haditsah:Jurnal Pendidikan Islam, 52–70.

Ahmad Marzuki, S.Ag, M. P. (2020). Character Building dalam Pendidikan Agama Islam. Ts Negeri 3 Cilacap.

Ajif, P. (2019). Pola Jaringan Sosial pada Industri Kecil Rambut Palsu di Desa Karangbanjar, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga. Jurnal Penelitian, 31–40.

Alwiansyah, M. (2021). IMPLEMENTASI METODE MUHASABAH DALAM PEMBINAAN KARAKTER SISWA DI SMP IT IBNU HALIM MEDAN. Depository.Umsu.Ac.Id, 89.

Andriani, A. (2021). PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI SISWA SMP FATIH BILINGUAL SCHOOL BANDA ACEH Tesis Ditulis untuk Memenuhi sebagai Persyaratan untuk Mendapat Gelar Magister dalam program studi Pendidikan Agama Islam PASCASARJANA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY BANDA ACEH 2021 M.

Cronbach, L. J. (1977). Education Psychology 3rd edition. 57.

Emzir. (2008). Metodologi Penelitian pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. PT. Raja Grafindo Persada.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Faisal, A., Sobarna, A., Pendidikan, P., Islam, A., Tarbiyah, F., & Bandung, U. I. (n.d.). Implementasi Program Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam Pembinaan Akhlak Islami Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah Singaparna. 3, 498–502.

Fanreza, R. (2020). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA DOSEN TETAP AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA.

Hakim, A. L. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Implementasi Pendidikan Karakter Islami Dalam Keluarga. Ta Dib : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 177–188. https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i1.2580

Harfiani, R., Fanreza, R., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2019). INTIQAD: JURNAL AGAMA DAN PENDIDIKAN ISLAM Implementasi Model Pembelajaran Lesson Study Praktikum Wisata Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Media dan Sumber Belajar Di Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam UMSU. 11(1). https://doi.org/10.30596/intiqad.v11i1.2041

Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui PengamatanPelaksanaan Kurikulum. Pendidikan Dan Kebudayaan, 16.

Moleong, L. J. (2012). Metode penelitian kualitatif (T. Surjaman, Ed.). Remaja Rosda Karya.

Nasihatun, S. (2019). Pendidikan karakter dalam perspektif islam dan strategi implementasinya. 321–336.

Noor, J. (2014). Metodologi Penelitian; Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Kencana Prenadamedia Group.

Novriansyah, Y. (2018). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF ISLAM DI SEKOLAH.

Novriansyah, Y. (2018). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF ISLAM DI SEKOLAH.

Putri, A. R. (2021). IMPLEMENTASI PROGRAM TILAWAH QURAN DI MTS.

Rohmah, S. (2019). IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QURAN DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI MTS PUTRI AL-HUDA MALANG. Skripsi.

Zaini Muchlis, A. F. (2018). Membangun Karakter Islami Melalui Rumah Tahfidz Hidayatul Quran Notoprajan. 389.




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v3i4.4973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418