Penerapan Metode Mustaqilli Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTsPN 4 Medan

Nur Abidah Umayya

Abstract


This research was carried out with the aim of finding out the application of the Mustaqilli method in Arabic language subjects at MTsPN 4 Medan for class VII middle school students and to find out the planning, implementation and evaluation of the application of the Mustaqilli method in Arabic language subjects. This research uses descriptive qualitative research which tends to use analysis. The data collection techniques in this research are observation, interviews and documentation. The application of the mustaqilli method is a method that takes a comprehensive approach by mastering the techniques of reading books, writingtranslating, composing until being able to speak Arabic. The obstacle in implementing the mustaqilli method is that students have different backgrounds and abilities in learning Arabic. The results of this research show that the mustaqilli method can improve students' understanding of Arabic language lessons.


Full Text:

PDF

References


Andriani, A. (2015). Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Pendidikan Islam. Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 39-56.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal te knologi pendidikan, 10(1), 46-62.

Bahtiar, A. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Hukum Qalqalah, Ra dan Lam Di Kelas IX-4 SMP Negeri 1 Patumbak. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 10(2), 212-226.

Besse Wahida. (2017). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab ( Studi Kasus terhadap Problematika Metodologis Pembelajaran Bahasa Arab di IAIN Pontianak ). Jurnal Al-Astar STAI Mempawah, 7(1), 43–64.

Danial, E., & Warsiah. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan.

Dodego, S. H. A. (2022). Pentingnya Penguasaan Bahasa Arab Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 1(2), 55-70.

Fathoni, F. (2021). Pentingnya Penguasaan Bahasa Arab Bagi Pendakwah. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 8(1), 140-152.

Fatihah, N.F. (2022). Implementasi Metode Mustaqilli Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa di Pondok Pesantren Asshidiqiyah Jakarta. Mozaic: Islam Nusantara, 8(2), 130-155.

Furqon, H. (2019, Desember 12). Mengenal Metode Mustaqilli, sebuah Metode Mudah Dalam Belajar Bahasa Arab. Diambil kembali dari Arabic Teaching Language Departement: https://pba.unida.gontor.ac.id.com

Islam, A. M. S. (2015). Faktor Demotivasi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Perspektif Siswa Madrasah. ARABIYAT : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.15408/a.v2i1.1511

Khaironi, K. A. S. (2021). Metode Mustaqilli 1. Mustaqilli Arabic Center.

Khaironi, K. A. S. (2021). Metode Mustaqilli 2. Mustaqilli Arabic Center.

Kusuma, A. B. (2011). Pengaruh Metode Mustaqilli Terhadap Kemampuan Membaca Teks Berbahasa Arab Pada Siswa Takhasus Putra Madrasah

Lisabella, M. (2014). model analisis interaktif Miles and Huberman. Jurnal Metodologi Riset Universitas Bina Pamlembang, 1–27

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. JURNAL ILMIA KESEHATAN MASYARAKAT : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151.

Moleong, J. (2013). Lexy. 2014, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muradi, A. (2013). Tujuan Pembelajaran Bahasa Asing (Arab) di Indonesia. Al-Maqoyis, 1 (1), 128–137.

Nisa, R. V. (2018). Peranan Madrasah Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Internasional. An Nabighoh, 19(2), 225-248.

Nuha, U. (2012). Metodologi super efektif pembelajaran bahasa Arab.

Rahmawati, S., Yani, A., & Nurhasanah, Y. (2023). Pelatihan Membaca Kitab Kuning Dengan Metode Kitab Mustaqilli. Al Naqdu: Jurnal Kajian Keislaman, 4(1), 53-57.

Ridho, U. (2018). Evaluasi dalam pembelajaran bahasa Arab. A Nabighoh, 20(01), 19-26.

Risalah, A. (2016, 9 24). Belajar Bahasa Arab Cepat, Mudah dan Enjoy Dengan Metode Mustaqilli. Diambil kembali dari Belajar Bahasa Arab Cepat, Mudah dan Enjoy Dengan Metode Mustaqilli: https://archive.arrisalah-jakarta.com

S. Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan Komponen MKDK, Jakarta: Rineka Cipta, 2010, h. 165

Samsu. (2017). Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 17, 43.

Setiawan, H. R. (2020). Manajemen Kegiatan Peserta Didik dalam Peningkatan Kualitas Lulusan di SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Disertasi, 1–383.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Adminitrasi Dilengkapi dengan Metode R & D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2007) Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Trianingsih, F., & Khoiruddin, M. A. (2023). Pengaruh Metode Mustaqilli Terhadap Pemahaman dan Kemahiran Bahasa Arab Siswa MTs Al-Islam Nganjuk. In Indonesian Proceedings and Annual Conference of Islamic Education (IPACIE) (Vol. 2, pp. 135-146).)

Trianingsih, F., & Khoiruddin, M. A. (2023). Pengaruh Metode Mustaqilli Terhadap Pemahaman dan Kemahiran Bahasa Arab Siswa MTs Al-Islam Nganjuk. In Indonesian Proceedings and Annual Conference of Islamic Education (IPACIE) (Vol. 2, pp. 135-146).




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v3i4.4974

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418