Pengaruh Metode Inkuiri Dengan Bantuan Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Agama Islam di SMP Swasta YP Utama

Kurnia Febriani Harahap

Abstract


Education is the main factor in efforts to advance the nation. Overall, education is part of a country's progress. The inquiry method can be classified as a relatively new method that has been offered by education experts. This inquiry method is considered relevant today, because its function can really ignite students' creativity in thinking and reasoning activities.  This type of research is quantitative research. The location of this research was carried out at YP UTAMA PRIVATE SMP SCHOOL on Jalan Suluh No. 80A, Sidorejo Hilir, Kec. Medan Tembung, Medan City. When this research was carried out in March 2023. This inquiry method research with audio visual assistance had an influence on student learning outcomes at SMP YP UTAMA with the average posttest score (after using the method) being 77 while the average pretest score (before using method) has an average value of 58. The hypothesis results using Test-Test show that the sample results show that the T-2tailed significance value is <0.001 <0.05, so it is in accordance with the basis for decision making. Ho is rejected. Meanwhile, the tcount value is -4.627 < ttable is 2.021, then Ho is accepted.


Full Text:

PDF

References


Hendra Gunawan Saputra, Z. (2018). - Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 3, Nomor 2, September 2018. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(September), 669–682.

Ii, B. A. B., & Teori, A. L. (2009). 4_ BAB II 08.12.034 Sup u. 10–36.

Illah, A. (2012). Penerapan Model Inkuiri dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa (Penelitian Tindakan Kelas pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII-B SMP Miftahul Iman Bandung). Jurnal Tarbawi, 1(2), 95–108.

Kulle, H. (2006). Nilai-Nilai Tarbawi Dalam Surah Al-Mujadalah ayat 11. In Jurnal Al-Asas: Vol. Vol.4 (Issue No.1, p. 14).

Kusmiati, E., Kurnadi, D., & Imani, R. A. (2020). Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips. Jurnal Karya Umum Dan Ilmiah (Jurnal Tahsinia), 117–127.

Mukhamad Dani Azza. (2019). Konsep Pendidikan Dalam Surah Al-Mujadalah Ayat 11 Dan Relevansinya Terhadap Sentra Pendidikan. 1–83. 32/1/KONSEP PENDIDIKAN DALAM SURAT AL-MUJADALAH AYAT 11 DAN RELEVANSINYATERHADAP SENTRA PENDIDIKAN

Paluin, Y., & Tureni, D. (2014). Penerapan Metode Inquiry Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SDN 3 Siwalempu. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(2), 90–105. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3398

Sanjaya, & Wina (2014). Media Komunikasi Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group

Salafiatin, E., & Mukhtar, S. (2022). Implementasi Media Audio Visual pada Mata Pelajaran PAI Materi Rasul Allah Idolaku guna Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Action Research Journal, 1(4), 272–278.

Saleh, O. S. (2016). Bahan Ajar Bahan Ajar Bahan Ajar. Mkb 7056, 1–101.

Simamora, T., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). Faktor-Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 191. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3770

Student, M. T., Kumar, R. R., Omments, R. E. C., Prajapati, A., Blockchain, T.-A., Ml, A. I., Randive, P. S. N., Chaudhari, S., Barde, S., Devices, E., Mittal, S., Schmidt, M. W. M., Id, S. N. A., PREISER, W. F. E., OSTROFF, E., Choudhary, R., Bit-cell, M., In, S. S., Fullfillment, P., … Fellowship, W. (2021).

Studi, P., Agama, P., & Sari, I. B. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRY DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AD - DZAKIRIN TAMANAN SKRIPSI diajukan kepada Institut Agama Islam Negeri Jember untuk memenuhi salah satu persyaratan memperoleh Fakultas Tarbiyah . September.

Widoyoko, E. (2016). Daftar Pustaka Daftar Pustaka. Pemikiran Islam Di Malaysia: Sejarah Dan Aliran, 20(5), 40–43.




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v3i4.4977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418