Pengaruh Experiental Marketing Dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening

Sindi Sihombing, Zuhrinal M Nawawi, Atika Atika

Abstract


This research aims to determine the influence of Experintal Marketing and Brand Trust on consumer loyalty with consumer satisfaction as an intervening variable, the external variables used in this research are Experintal Marketing and Brand Trust, while the intervening variables in this research are consumer satisfaction and the endogenous variables in this research customer loyalty, this research was conducted at Bank Syariah Indonesia Kcp Simpang Limun, the data collection method was carried out through distributing questionnaires, data analysis techniques used descriptive analysis and path analysis, the path results showed that the variables Experintal Marketing and Brand Trust had a significant effect on customer satisfaction of 22,760 %. and the Brand Trust variable has a significant influence on consumer satisfaction of 8.589%. The total influence of the variables Experintal Marketing and Brand Trust, and consumer satisfaction on consumer loyalty has an effect of 1.1025%. The Experimental Marketing variable has no direct effect on consumer loyalty at 6.93%, while the consumer satisfaction variable has a significant effect on consumer loyalty at 1.1025%.


Full Text:

PDF

References


Akmal Taringan,A.,Yafiz.M.,Harahap, I. Marliyah, Batubara, C., Ridwan, M. N. (2015). Buku Panduan Penulisan Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Negeri Sumatra Utara. Febi Press Uisu.

Bi Rahmani, N. A. (2016). Metodologi Penelitian Ekonomi. Febi Press Uinsu.

Dimyati, M. (2014).Peranan experiential marketing dan kepuasan pasien Rumah Sakit Fatimah Banyuwangi. Jurnal Ekonomi Akuntansi Dan Manajemen, 13(2), 14–31.

Fatmawati, R. D., & & Rahayu, Y. S. (2018). Analisis Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening. Manajemean, Akuntansi, Dan Perbankan.

Kurniawan, A. (2022). Pengaruh After Sales Service terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan. LITERATUS, 4(1), 301–310.

Lestari, R., & Meidina, S. F. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Brand Trust Minuman Koi Thé Cabang Mall Plaza Indonesia. Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(3), 2967–2979.

MARTADINATA MANADO. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(1).

Norenza, M. F., Rahma, T. I. F., & Nasution, M. L. I. (2021). Strategi Pemasaran Pembiayaan Kepemilikan Rumah Bersubsidi Masa Pandemi Covid-19 Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga. El-Amwal, 4(2), 16–33. https://doi.org/10.29103/el-amwal.v4i2.5324

Oeyono, J. T. (2013). Analisa pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan sebagai intervening variabel di tator cafe surabaya town square. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2), 1–9.

Putri, L. P., & Nawawi, Z. M. (2022). Peran Viral Marketing sebagai Strategi Pemasaran melalui Media Sosial Tiktok Persfektif Islam. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 3945–3952.

Singal, H. E., Mandey, S. L., & Soepeno, D. (2020). PENGARUH CUSTOMER SERVICE QUALITY, EMPAHTY, PROMOTION, VALUE ADDED SERVICE TERHADAP KEPUASAN KUNSUMEN PADA HONDA

Sugiono. (2013). Panduan Penelitian Pendekatan Kuantitatif, kualitatif. dan R & D.

Yudiana, F. E., & Setyono, J. (2016). Analisis corporate social responsibility, loyalitas nasabah, corporate image dan kepuasan nasabah pada perbankan syariah. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(1), 93–114.

Yuliawan, E., & Ginting, M. (2016). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah pada PT Bank Mandiri Cabang Medan Balai Kota. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.55601/jwem.v6i1.253.




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v3i4.4990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418