Pengaruh Komitmen Organisasional, Lingkungan Kerja, Prestasi Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Perkebunan Nusantara IV Kebun Ajamu

Rizki Syahputra Nst, Rika Syahmewah

Abstract


In the midst of today's competitive challenges, the company strives to achieve its goals. One of the strategies implemented is to have a workforce that shows superior performance. According to Mondy (2010), performance refers to a goal-focused process, aimed at ensuring that the organizational structure is optimal in order to increase the productivity of employees, teams, and overall, the organization. PT Perkebunan Nusantara IV, or PTPN IV, is one of the companies owned by the government. They focus on plantation, processing, and marketing of plantation products. PTPN IV manages rubber and oil palm plantations. Their main products are palm kernel oil and palm oil (Radian, 2012).Employee competency development: PTPN IV regularly organizes training and development programs to improve the technical expertise and managerial abilities of employees. This has an impact on increasing productivity and quality of work.


Full Text:

PDF

References


Afandi, P. (2018). Manajemen sumber daya manusia (Teori, konsep dan indikator). Riau: Zanafa Publishing, 3.

Agustin, D., Widyani, A. A. D., & Utami, N. M. S. (2021). Pengaruh self efficacy terhadap kinerja karyawan melalui komitmen organisasional sebagai variabel intervening pada CV. Era Dua Ribu Bangli. VALUES, 2(3).

Ahmad, D. I. (2020). Manajemen strategis. Nas Media Pustaka.

Al Fahmi, J., Diana, N., & Afifudin, A. (2018). ANALISIS PERBEDAAN KINERJA KEUANGAN BANK SYARI’AH DAN BANK KONVENSIONAL (Studi Kasus Pada Bank Muamalat Syariah dan Bank Negara Indonesia Periode 2012-2015). e_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 7(10).

Aristarini, L., Kirya, I. K., Cipta, W., & Suwendra, I. W. (2014). Pengaruh Pengalaman Kerja, Kompetensi Sosial dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada Bagian Pemasaran PT. Adira Finance Singaraja. e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha, 2.

Brahmasari, I. A., & Suprayetno, A. (2008). Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan (Studi kasus pada PT. Pei Hai International Wiratama Indonesia). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 10(2), 124-135.

Chandrasekar, K. (2011). Workplace Environment and Its Impact on Organisational Performance in Public Sector Organisations. International Journal of Enterprise Computing and Business Systems, 1(1), 1-19.

Citra, L. M. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Loyalitas Karyawan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 214-225.

Darmansyah, R., Handoko, T., & Tinov, M. Y. T. (2020). Penyediaan Sistem Informasi Menejemen Pegawai Pada Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Pekanbaru Dalam Mendukung Kebijakan E-Government Pada Tahun 2019. Jurnal Administrasi Politik Dan Sosial, 1(1), 19-33.

Darodjat, T. A. (2015). Konsep-konsep dasar manajemen personalia masa kini. Bandung: Refika Aditama.

Dewi, I. G. A. M., & Utama, I. W. M. (2016). Pengaruh Kompensasi dan Prestasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel Nikki Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(1), 311-337.

Hariandja, Marihot T.E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Grasindo

Hasibuan, Malayu. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi; Revisi Jakarta: Bumi Aksara.

Indarti, S., Solimun, Fernandes, A. A. R., & Hakim, W. (2019). The Influence of OCB in Relationship between Personality, Organizational Commitment and Job Satisfaction on Performance. Journal of Management Development, 38(6), 392-406.

Insan, M. Y., Matondang, E. S., & Ramadhany, N. (2023). MENAKAR KINERJA KARYAWAN PADA PT PERKEBUNAN NUSANTARA IV MEDAN. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(2), 985-991.

Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Jakarta: Rajawali Pers.

Kusuma, I. P. S. W., & Ardana, K. (2014). Pengaruh penempatan dan kompensasi terhadap kepuasan kerja dan kinerja karyawan (Doctoral dissertation, Udayana University).

Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2006). Human Resource Management: Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Meyer, J. P., & Allen, N. J. (1991). A three-component conceptualization of organizational commitment. Human Resource Management Review, 1(1), 61-89.

Mondy R. W. (2010). Manajemen Sumber Daya ManusiaEdisi Kesepuluh Jilid Pertama . Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama

Nitisemito, A. S. (2000). Manajemen Personalia: Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Oyihoe, A. T. (2021). Kepribadian dan Disiplin terhadap Kinerja Pegawai melalui Kompetensi Pegawai Dinas Sosial Provinsi Maluku. BADATI, 4(1), 20-32.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2013). Organizational Behavior (15th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.

Sari, D. A. P., Hamid, D., & Ruhana, I. (2018). Pengaruh Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT Pertamina UPMS V Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 55(2), 143-151.

Sopiah, S., & Sangadji, E. M. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Sutrisno, S., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. (2016). Pengaruh motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai di kantor satuan polisi pamong praja kota Semarang. Journal of Management, 2(2).

Tnay, E., Othman, A. E. A., Siong, H. C., & Lim, S. L. O. (2013). The Influences of Job Satisfaction and Organizational Commitment on Turnover Intention. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 97, 201-208.

Trang, I., Setiawan, M., & Irviani, R. (2013). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Manado. Jurnal EMBA, 1(4), 1537-1546.

Wahyuddin, W. (2009). UANG DAN FUNGSINYA (Sebuah Telaah Historis dalam Islam). Jurnal Sosial Humaniora (JSH), 2(1), 40-54.




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v4i1.6115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418