Analisis Bauran Pemasaran Usaha Industri Batu Bata Pak Mandor di Kelurahan Danau Balai Kabupaten Labuhanbatu

Deni Kurniawan, Elida Florentina Sinaga Simanjorang

Abstract


Bricks are one of themost important materials in residential and construction buildings. Bricks are also included as micro, small and medium enterprises, some of which provide employment opportunities for to community to earn daily income. The success of a company also depends on the marketing mix. A company with a lot of sales certainly has good and planned marketing. Danau balai subdistrict is a brick manufacturing area in labuhanbatu district. 60% of the need for bricks in labuhanbatu is supplied from Rantau Selatan sub-district and around 40% is taken from Asahan and north labuhanbatu district. The four components of the marketing mix itself are 4P (product, price, promotion, distribution). The concept of this strategy is to increase sales and achieve the goals you want to achieve as well as provide the best service for costumers. We can conclude that marketing strategy is very important in this business.This type of research is qualitative research using observation, interviews and documentation methods. The data source for this research is the resulst of interviews with brick industry business owners. The result is to find out what marketing mix strategy this brick business has.


Full Text:

PDF

References


Andini, R., Simanjorang, E. F. S., & Ritonga, M. (2024). Strategi Pemasaran Dimsum Kiano Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Masyarakat Dikota Rantau Prapat. Governance: Jurnal Ilmiah Kajian Politik Lokal dan Pembangunan, 10(3).

Azuhri, M. B. U. D., Ernestivita, G., & Sasongko, M. Z. (2023, September). Strategi Pemasaran Pada Umkm Batu Bata Di Kaloran Kecamatan Ngronggot. In Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi (Vol. 8, Pp. 716-724).

Dayat, M. (2019). Strategi Pemasaran Dan Optimalisasi Bauran Pemasaran Dalam Merebut Calon Konsumen Jasa Pendidikan. Jurnal Mu’allim, 1(2), 299-218.

Fauziah, R. (2020). Analisis Bauran Pemasaran Pada Usaha Batu Bata Merah Desa Karanglegi Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati Skripsi. In Eprints.Walisongo.Ac.Id (Issue October). Http://Eprints.Walisongo.Ac.Id/Id/Eprint/10099/%0ahttps://Eprints.Walisongo.Ac.Id/Id/Eprint/10099/1/Skripsi Full.Pdf

Khoatim, S. N. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran untuk meningkatkan Penjualan UMKM Batu Bata Merah di Banyu Irang Kecamatan Bati-Bati (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).

Muhlisa, M. (2023). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Usaha Batu Bata Di Desa Wara Dusun Pengkasalu (Doctoral Dissertation, Institut Agama Islam Negeri (Iain) Palopo).

Mulyani, D. (2023). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Bata Ringan Pada Pt Kurnia Jaya Barokah Kabupaten Purwakarta (Survey Pada Pelanggan Bata Ringan Pt Kurnia Jaya Barokah). Jurnal Bisnis, 11(1), 60-69.

Novitasari, R., & Kurniawan, R. (2023). Analisis Penerapan Strategi Bauran Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Rumah Pada Pt Bjs Property. Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis (Simanis) Dan Call For Paper, 2, 1269-1276.

Pauzan, R. (2020). Analisis Bauran Pemasaran Dalam Usaha Meningkatkan Volume Penjualan Batu Bata Merah Ud. Salsabila Multi Service Pelaihari. Jbim, 1, 7823–7830.

Putri, E. A. (2023). Pengaruh Ketersediaan Bahan Baku, Produktivitas, Dan Harga Jual Terhadap Pendapatan Pengusaha Industri Batu Bata Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Desa Pulo Bandring Kecamatan Pulo Bandring Kabupaten Asahan) (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan).

Revita, Tiffany, Bauran Pemasaran : Pengertian, Strategi Dan Contoh Penerapannya, Jakarta Selatan, 2022.

Risma Galuh, P. (2023). Strategi Home Industry Batu Bata Dalam Mempertahankan Eksistensinya (Studi Kasus Pada Home Industry Batu Bata Adem Ayem Super Di Desa Adipala Kabupaten Cilacap) (Doctoral Dissertation, Uin Prof. Kh Saifuddin Zuhri).

Shaid, Jamal Nur, Apa Itu Promosi : Pengertian, Tujuan, Jenis Dan Fungsinya, Jakarta, Kompas.Com, 2022.

Sinurat, A. A., Simanjorang, E. F. S., & Zebua, Y. (2024). The Influence of Product Price, Outlet Location, and Discounts on the Interest to Rebuy. Almana: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 8(1), 29-38.

Suparman, H. D., & S Pd I, M. M. (2019). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Batu Bata Di Cv. Berkah Mutiara Intan Kec. Citantayan Kabupaten Sukabumi. Ekonomedia, 8(01), 1-13.

Tanjung, S., Simanjorang, E. F., & Limbong, C. (2023). The Influence of Price, Product Quality, And Security on Consumer Buying Interest in Online Shopee Shopping (Study on Labuhanbatu University Students’ Management Study Program). Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 6(3), 3427-3440. https://doi.org/10.31538/iijse.v6i3.3898.

Utami, H. N., & Firdaus, I. F. A. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping: Perspektif Pemasaran Agribisnis. Jurnal Ecodemica, 2(1), 136-146.




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v4i3.6185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418